Kebakaran di Jalan Rasian Nawawi IT 2 Palembang

Kebakaran di Jalan Rasian Nawawi IT 2 Palembang
foto: ms/lily - Polisi sudah memasang policy line atau garis polisi di areal lokasi kebakaran, Sabtu (7/9)

Hanguskan 4 Depot Kayu Bekas dan Kios Manisan

PALEMBANG, MS -  Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Palembang. Kali ini api menghanguskan 4 depot kayu kusen bekas dan 1 kios manisan, yang berada di Jalan Rasian Nawawi  Rt.05 Rw.03 Kelurahan 9 Ilir Kec.Ilir Timur (IT) 2 Palembang, Sabtu (7/9) sekitar pukul 03.45 wib ludes terbakar.

Foto: ms/lily - Lokasi depot kayu kusen dan toko manisan yang terbakar, Sabtu (7/9)

Kebakaran pertama kali diketahui penjaga Poskamling, Zaini (60), terkejut melihat api dengan cepat membesar, dan saksi pun langsung menghubungi pemilik depot dan pihak kepolisian.

Petugas kepolisian dalam hal ini Polsek IT 2 Palembang, mendapat laporan tersebut petugas kepolisian langsung ke TKP, mengamankan lokasi dan membantu memadamkan kebakaran.

Foto:ms/lily - Lokasi kebakaran yang baru saja dipasang garis polisi, Sabtu (7/9)

Api dengan cepat membakar, mengingat lokasi kebakaran merupakan depot kayu pembuatan kusen pintu dan jendela, membuat api dengan cepat membakar kayu ke empat depot. Empat depot kayu yang terbakar ini yang diketahui masih bersaudara, langsung merembet ke sebuah toko manisan.

Saat kejadian kebakaran, pemilik depot kayu tidak berada di depot, mereka saat kejadian berada di rumah mereka. Salah satu korban Jon yang ditemui di lokasi kebakaran. "Ini usaha kusen kayu dan jendela, yang terbakar sebanyak 4 unit depot kusen, kalau toko manisan satu, kami tidak tahu kejadian karena kami balek ke Plaju semua," ungkap Jon (61).

Masih dikatakan korban Jon, dirinya tidak tahu persis kejadian, akan tetapi dirinya dihubungi salah satu tetangga jika depot kayunya terbakar. "Kejadian kata tetangga jam 02.00 wib malam dan api padam sekitar pukul 05.00 wib api dapat dijinakkan, tidak ada barang yang dapat diselamatkan," ungkapnya saat melihat karyawannya memeriksa barang rongsokan di lokasi kebakaran.

Dikatakan Jon, setelah mendapat informasi dirinya langsung menunjukan TKP, dirinya terkejut melihat depot kayu yang dirintisnya hangus terbakar.  "Waktu datang api sudah besar, dan 8 unit mobil pemadam kebakaran sudah ada di sana," jelas Jon.

Untuk ke depan, dituturkan Jon, atas musibah ini dirinya mengalami kerugian ratusan juta dan ke depan dirinya akan kembali merintis depot kayu di TKP. "Sementara  (TKP) dibersihkan dulu, nanti akan dibangun lagi, kalau kerugian Rp 100 juta per depot, kalau 4 berarti Rp 400 jutaan lah," jelasnya.

Saat ini petugas kepolisian dalam hal ini Polsek IT 2 Palembang, bersama Identifikasi dan Labfor Polresta Palembang, telah bekerja, dan di TKP telah terpasang Polisi Line.

Kapolsek Ilir Timur (IT) 2 Palembang Kompol Milwani melalui Kanit Reskrim Polsek IT 2 Palembang Ipda Ledi, membenarkan jika di wilayah hukumnya terjadi kebakaran. "Benar, tadi subuh sekitar pukul 03.45 wib, terjadi kebakaran anggota sudah ke TKP, dan telah memang Polisi Line," jelas Ipda Ledi.

Untuk asal api, dijelaskan Kanit Reskrim Polsek IT 2 Palembang, diduga berasal dari arus pendek. "Dari kejadian kebakaran ini tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil, diduga api berasal dari korsleting arus listrik," jelasnya. (Ly).