Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab Dansat Brimob

Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab Dansat Brimob

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Priyo Widyanto, pimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dansat Brimob Polda Sumsel, dari Kombes Pol Yuri Karsono kepada Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto bertempat di Mako Brimob Polda Sumsel, Selasa (14/1).

Hadir Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudy Setiawan, Walikota Palembang Harnojoyo serta para Pejabat Utama Polda Sumsel.

Secara resmi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto menerima pataka dan tongkat Komando Brimob dari Kombes Pol Yuri Karsono, dan kembali menyerahkan Pataka Brimob langsung kepada Dansat Brimob Polda Sumsel yang baru Kombes Pol Yudo Nugroho Sugoianto.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan jika Sertijab merupakan wujud SDM yang ungul dengan melakukan pembinaan karier personil yang berbasis meritokrasi dan kompetensi. Untuk itu beliau memberikan pesan khusus untuk Brimob. "Sesuai dengan kebijakan Kapolri dan kakorbrimob bahwa Brimob kita harus menjadi Brimob untuk Indonesia, artinya Brimob yang bisa mengamankan seluruh wilayah NKRI," ujar Kapolda Sumsel.

Perlu diketahui Dansat Brimob Polda Sumsel yang lama, Kombes Pol Yuri Karsono dimutasi sebagai Anjak Korps Brimob Mabes Polri dalam rangka Sekolah Sespimti. Digantikan oleh pejabat baru Kombes Pol Yudo Nugroho S dimana sebelumnya menjabat Dansat Brimob Gorontalo.

Brimob Polda Sumsel dibawa pimpinan Dansat Brimob Polda Sumsel yang lama Kombes Pol Yuri Karsono, banyak menorehkan prestasi dalam penugasan. Yaitu. Pengamanan Polsek rawan di Papua gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB), Pengamanan Polda Sulteng dalam rangka operasi aman Nusa penanganan korban banjir.

Pengamanan Polda Metro Jaya Operasi Mantap Brata 2019 dalam rangka pengamanan rangkaian Pemilu 2019 dan aksi kerusuhan massa dan pengamanan operasi aman Nusa 1 pada pengamanan konflik sosial di Papua dan Papua Barat. "Alhamdulillah semua tugas berjalan dengan aman dan sukses, penugasannya telah dilaksanakan ini merupakan prestasi tersendiri yang sangat membanggakan terhadap Polda Sumsel khususnya dan Polri pada umumnya," ujarnya.

Dalam menghadapi tantangan Kamtibmas ke depan di wilayah Sumsel. Pada pengamanan Pilkada serentak di 7 Kabupaten tentu personil Brimob Polda Sumsel akan dilibatkan dalam pengamanan tersebut. "Brimob sebagai kekuatan pendukung nanti kita BKO kan ke 7 Polres untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada," jelas Kapolda Sumsel.

Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto selaku pejabat baru dansat Brimob Polda Sumsel. Beliau mengatakan dalam menjalankan tugas ke depan, siap meneruskan kebijakan dan program kerja Dansat Brimob Polda Sumsel yang lama.

Bukan hanya memback up tujuh Polres yang akan melaksanakan Pilkada akan tetapi Brimob Polda Sumsel juga memback up Polda Polda di Indonesia. "Kami akan meneruskan kebijakan-kebijakan dari pejabat yang lama yang utamanya kita mempersiapkan kekuatan untuk membackup satuan wilayah di Polda Sumsel, begitu juga yang disampaikan bapak Kapolda bahwa kami tidak hanya membackup Polda Sumsel saja, tapi juga untuk membackup Polda Polda yang lain yang membutuhkan seperti kemarin kita ke Papua ke Poso dan sebagainya," jelasnya.

Untuk kesiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada di 7 Kabupaten, ditegaskannya jika pihaknya selain mempersiapkan diri dengan latihan latihan. Personil Brimob Polda Sumsel juga mempersiapkan bataliyon batalyon yang dikoordinir oleh Ro Ops. "Dalam menghadapi Pilkada serentak kita sudah melakukan latihan-latihan dan kita juga sudah mempersiapkan Batalyon- Batalyon mana yang untuk membackup Polres dan nanti tinggal koordinir oleh ro ops nanti akan di tahui berapa kekuatan yang diperlukan Polres nanti akan kita backup," ujar Kombes Pol Yudo. (Ly)