Kapolda imbau Ribuan Siswa Jaga Persatuan

Kapolda imbau Ribuan Siswa Jaga Persatuan
Mediasriwijaya.com/yanti

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Pembukaan Gelanggang Pramuka dan Pemuda se Sumbagsel 2018 digelar di halaman UIN Raden Fatah, Minggu (28/10/18). Hadir dalam acara tersebut Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara.

Ketua Panitia Raga Busta Manda mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberi motivasi kepada Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pemuda untuk membina moral generasi bangsa. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 2.734 orang, dengan rincian pramuka siaga 304 orang, penggalang SD 402 , penggalang SMP 1.008 orang dan penegak 960 orang. "Kita berharap dengan acara ini kita mengajak peserta untuk berprestasi, kreatif dan berkarakter, " ujarnya.

Lebih lanjut Raga mengatakan dalam kegiatan kali ini digelar berbagai macam perlombaan yakni untuk tingkat SD dan MI adalah pengucapan Dwi Satya -Dwi Darma, Mewarnai, Sambung Ayat Berantai, LTBB, Fashion Busana Muslim, Lomba Cerdas dan Cermat. Untuk tingkat SMP lomba Pionaring, LTKBB dan Menghias Parvell. Sedangkan lomba di tingkat SMA dan SMK adalah Scout Intelegent, lTBB dan Ansambel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain menuturkan, acara Gelanggang Pramuka se Sumbagsel hari ini bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. “Jadikanlah momen ini untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Hindari perpecahan. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjaga keutuhan NKRI. Hindari kabar hoax yang bisa memecah belah bangsa, " ucapnya.

Lebih lanjut Zulkarnain mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif bagi siswa dalam menciptakan sportivitas. "Kalah dan menang adalah hal biasa dalam perlombaan. Ikutilah perlombaan dengan baik dan dengan menjunjung tinggi sportivitas," katanya. 

Kepada seluruh peserta Gelanggang Pramuka se Sumbagsel Zulkarnain berpesan juga, agar generasi muda menghindari narkoba. "Bahaya narkoba ini sangat luar biasa. Jangan pernah mendekati narkoba, apalagi mencobanya. Kegiatan Gelanggang Pramuka ini adalah kegiatan positif, karena dapat menjalin silaturahmi antar sesama pelajar, meningkatkan kreativitas siswa, " tandasnya. (Yanti)