Kades Sendawar

Kades Sendawar
Foto: Kades Sendawar, Herman Suyanto

Bantah DD Termin II tak Dilaksanakan

KIKIM TIMUR, MADIASRIWIJAYA.com - Kades Sendawar, Herman Suyanto membantah adanya dugaan Dana Desa Termin II tidak dilaksanakan. Hal ini disampaikan langsung oleh Pak Kades Sendawar yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Desa Kecamatan Kikim Timur, Senin (30/9).

Terkait adanya dugaan tersebut, Manto menjelaskan bahwa untuk tahun 2019 pelaksanaan penggunaan Dana Desa Termin Pertama dan Termin kedua, digunakan untuk belanja lampu jalan dan rehab berat jembatan gantung, ini berdasarkan hasil Musdes pada tahun 2018, masyarakat mengusulkan untuk sarana penerangan lampu jalan tenaga surya dan rehab berat jembatan gantung. "Untuk penggunaan Dana Desa Termin ke satu dan ke dua ini, kami pergunakan untuk belanja alat-alat penerangan lampu jalan tenaga surya, dan ini sesuai dengan keinginan masyarakat pada saat Musdes tahun lalu (2018),"jelas Manto.

Lebih lanjut Manto menambahkan bahwa pelaksanaan pemasangan lampu jalan sudah dipasangkan pada Dana Desa Termin ke satu dan ke dua, sedangkan sisa Dana Desa Tahap ke Dua ini, sudah dibelanjakan bahan-bahan bangunan untuk rehab jembatan gantung. Namun pelaksanaan pengerjaannya akan dikerjakan pada Dana Desa tahap ke 3 nanti.

Sementara itu ketua BPD Desa Sendawar M. Aman Soleh membenarkan bahwa, untuk pelaksanaan Dana Desa tahap ke satu dan dua ini telah dilaksanakan sesuai dengan usulan masyarakat dalam Musdes tahun 2018 yang lalu, yaitu mengusulkan penerangan lampu jalan tenaga surya dan rehab berat jembatan gantung. "Betul, hasil Musdes tahun 2018 yang lalu, masyarakat mengusulkan penerangan lampu jalan tenaga surya dan rehab berat jembatan gantung, dan pada Dana Desa ke satu dan dua ini sudah dilaksanakan untuk penerangan lampu jalan tenaga surya. Sedangkan untuk rehab berat jembatan gantung pada dana desa tahap ke 2 ini, baru dibelanjakan oleh bendahara desa dan TPK bahan baku, pelaksanaan rehab jembatan gantung akan dilaksanakan pada dana desa tahap ke 3 nanti,"ujar Maman.
(b4r)