Jorge Lorenzo Bakal Jadi Pebalap Penguji Yamaha?

Jorge Lorenzo Bakal Jadi Pebalap Penguji Yamaha?
Jorge Lorenzo berada di paddock Yamaha saat sesi latihan bebas ketiga MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (29/10/2016).(Foto ist)

MEDIASRIWIJAYA.com  - Isu kembalinya Jorge Lorenzo ke Yamaha kian menghangat. Teranyar juara dunia lima kali itu akan menjadi pebalap penguji Yamaha di MotoGP 2020.

Seperti diketahui, Jorge Lorenzo pensiun setelah balapan seri terakhir MotoGP 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada 17 November lalu.

Kendati sudah memutuskan pensiun, pria asal Mallorca, Spanyol itu memastikan akan terus melanjutkan kariernya tidak jauh dari kancah MotoGP. Dilansir dari suara.com

Dalam sebuah wawancara dengan Servus TV beberapa waktu lalu, Jorge Lorenzo mengatakan akan kembali ke paddock MotoGP pada tahun 2020 mendatang.

"Tentu saja, saya akan segera kembali ke paddock. Tapi saya belum tahu akan menjalankan peran apa," kata dia.

"Pembicaraan soal kembali ke paddock sudah berjalan, mungkin saya akan segera umumkan kepastiannya nanti," tukasnya.

Berdasarkan pemberitaan media terkemuka di Italia, La Gazzetta dello Sport, Jorge Lorenzo akan menjadi pebalap penguji Yamaha.

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, di paddock timnya saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Valencia di Sirkuti Ricardo Tormo, Jumat (15/11/2019). [AFP/Pierre-Philippe Marcou]
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, di paddock timnya saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (15/11/2019). [AFP/Pierre-Philippe Marcou]
Pihak Yamaha sendiri memang tengah mencari pebalap penguji baru setelah 'mendepak' Jonas Folger.

Saat ini, tim berlambang garpu tala itu baru memiliki Katsuyuki Nakasuga and Kohta Nozane yang disiapkan untuk tes di Jepang dan sirkuit di Eropa.

"Ya tunggu saja, kita lihat saja nanti. Kami butuh pebalap yang cepat," kata Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis dalam konferensi di MotoGP Valencia lalu.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis (tengah), didampingi Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi, memperkenalkan motor terbaru Yamaha YZR-M1 untuk gelaran MotoGP 2019 di Hotel Four Season, Kuningan, Jakarta, Senin (4/2/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Kami butuh orang yang dapat memberikan umpan balik yang akurat untuk menjembatani antara kelompok penguji dari Jepang dan tingkat selanjutnya," sambungnya.

Jorge Lorenzo sendiri bukan orang baru bagi Yamaha. Sembilan tahun lamanya ia menjadi pebalap Yamaha, dari tahun 2008 hingga 2016.(net)