Jangan Lagi Makan Makanan Sisa yang Disimpan Jika Sudah Begini

Jangan Lagi Makan Makanan Sisa yang Disimpan Jika Sudah Begini
Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Foto Ist)

MEDIASRIWIJAYA.com - Umumnya, orang akan menyimpan makanan sisa daripada harus membuangnya. Sayangnya, makanan olahan justru memiliki masa kedaluarsa yang lebih cepat daripada makanan kemasan.

Agar tidak mengonsumsi makanan yang ternyata sudah kedaluarsa, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan, melansir Insider.

1. Tidak boleh ada makanan di lemari es lebih dari beberapa hari

Menurut State Food Safety, sisa makanan harus dibuang setelah satu minggu. Tetapi menurut USDA, sejumlah makanan harus benar-benar dibuang bahkan sebelum tujuh hari.

Menurut USDA, makanan tersebut misalnya, roti, sup, dan semur. Makanan ini tidak boleh lebih dari tiga atau empat hari di dalam kulkas.

2. Mulai muncul jamur

Jika makanan Anda di dalam lemari es mulai muncul jamur, maka harus dibuang.

Berdasarkan USDA, makanan yang sudah berjamur mengandung bakteri yang tidak terlihat dan beberapa bentuk jamur dapat menyebabkan penyakit, reaksi alergi, dan masalah pernapasan.

3. Warna makanan berubah

Sebelum Anda makan apa pun, periksa makanan dengan hati-hati dan perhatikan warna makanan yang sedang Anda lihat dengan saat Anda pertama kali memasaknya. Misalnya, daging sapi berubah dari coklat menjadi abu-abu atau selada berubah dari hijau ke coklat.

Jika warna makanan tersebut sudah tidak terlihat seperti yang seharusnya, kemungkinan makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Metode pemeriksaan sisa ini paling efektif untuk makanan yang mengandung bahan-bahan segar seperti daging, dan susu segar. Untuk makanan yang dibuat dengan bahan-bahan yang mengandung bahan pengawet, warna bisa menyesatkan.

4. Bau berubah drastis dan sudah tidak menggiurkan

USDA menyebutkan, makanan yang sudah berbau menyengat adalah pertanda bahwa sisa makanan tersebut tidak layak dimakan. Secara umum, sisa makanan kita harus berbau sama seperti ketika Anda memasaknya.

5. Tekstur makanan sudah berubah

Jika masih tidak yakin tentang status sisa makanan Anda, periksa tekstur makanannya. Jika makanan terasa berlendir atau memiliki tekstur berubah drastis, maka makanan tersebut sudah busuk.(net)