Isu Corona, Masyarakat Enggan Keluar Negeri

Isu Corona, Masyarakat Enggan Keluar Negeri

MUSIRAWAS, MEDIASRIWIJAYA - Gara-gara virus corona masyarakat enggan bepergian ke luar negeri termasuk jalankan ibadah umroh. Apalagi Arab Saudi sudah menyetop sementara kegiatan umroh untuk Indonesia. Hal ini berakibat fatal, transaksi ke pengurusan paspor di UKK Musirawas  cabang Imigrasi Muara Enim menjadi sepi.  "Kalau sebelumnya orang mengurus paspor mencapai 25 sampai 50 sehari tapi sekarang paling banyak 5 orang, atau kosong sama sekali," kata Radian, Kepala Unit UKK Imigrasi Musirawas Perwakilan Muara Enim Sumatra Selatan, Kamis (12/3/2020)

Di Sumatera Selatan ada dua  Kantor Imigrasi yaitu di Kota Palembang dan Muaraenim  yang terbagi menjadi dua zone wilayah tersebut dalam menangani pelayanan pada masyarakat  Sumatera Selatan. Pemantauan  dan pengeluaran secara legalitas paspor baik masyarakat dalam negeri atau pun mereka yang masuk wilayah Indonesia.
Berdirinya Unit UKK Imigrasi mempermudah masyarakat tidak jauh lagi dalam mengurus paspor tidak lagi ke Muaraenim dengan perjalanan sangat jauh seperti Lubuklinggau, Musirawas, Mura Utara dan Empat Lawang.

"Kami sangat mengharapkan agar dalam waktu dekat UKK akan berubah status memjadi Kantor Kelas III dulu. Dengan berkembang lagi dapat ditingkatkan menjadi Kelas I maka secara cepat memberikan keuntungan sangat besar. "Bagi Musirawas sendiri paling tidak perekrutan pegawainya pasti  manyoritas penduduk Musirawas," tegasnya.

Selain itu juga dapat membawa gerak perputaran ekonomi sangat tinggi pengaruhnya. Sebagai contoh kecil mereka yang dalam mengurus paspor umroh setelah selesai pasti mereka  akan belanja dari sekian banyak akan terbaca geliat ekonominya. (mud)