Ini Dia Rumus Matematika untuk Memasak Kentang Panggang yang Sempurna

Ini Dia Rumus Matematika untuk Memasak Kentang Panggang yang Sempurna
Kentang panggang (Foto ist)

MEDIASRIWIJAYA.com - Memasak kentang panggang, memang tak semudah yang kita pikirkan. Jika tingkat kematangan tak tepat, rasa kentang panggang yang biasa kita santap bersama steak atau ayam panggang, bisa merusak rasa makanan lain yang sudah lezat.

Nah, jika kentang panggang adalah salah satu hidangan yang akan Anda siapkan pada hari Natal atau pesta tahun baru, cobalah rumus matematika yang diciptakan oleh para siswa perhotelan di Inggris ini. Dilansir dari suara.com 

Murid dari Edge Hotel School di University of Essex berkolaborasi dengan Samuel Whitbread School di Bedfordshire mengembangkan apa yang mereka namakan “Edge Hotel School Method".

Mereka meyakini, jika metode tersebut dapat digunakan untuk memasak kentang panggang yang sempurna.

Kuncinya, dilansir dari Independent, alih-alih memotong kentang menjadi empat bagian, mereka memilih memotong kentang secara memanjang dan memotongnya lagi menjadi setengah dalam sudut 30 derajat.

Dengan memaksimalkan area permukaan kentang pada sudut 30 derajat, Anda dapat meningkatkan luas permukaan kentang sebanyak 65 persen. Hal itu akan membuat kentang lebih renyah dan lebih lezat.

"Kami mencari formula dengan membagi kentang menjadi tiga jari-jari dan menggandakannya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat area permukaan yang lebih luas," kata seorang siswa dari Samuel Whitbread School menjelaskan kepada ITV News.

Jadi, ini menggunakan kentang yang sama seperti biasa, sambil memanfaatkan area permukaannya sebaik-baiknya. Para siswa di Edge Hotel School kemudian menggunakan resep kentang panggang Heston Blumenthal untuk memasak kentang dalam oven.

Anggota koki publik dan profesional diberi kesempatan untuk mencoba memanggang kentang dengan cara tersebut. Hasilnya sangat positif. Beberapa koki di Inggris sudah mulai meniru “Edge Hotel School Method" tersebut.(net)