Ingatkan Selektif Pilih Biro Perjalanan Umroh

Ingatkan Selektif Pilih Biro Perjalanan Umroh
Kepala Kantor Kementerian Agama Pagaralam, Win Hartan. (foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA  – Kantor Kementerian Agama Pagaralam, meminta agar masyarakat dapat lebih selektif dalam memilih biro perjalanan ibadah umroh. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan yang marak terjadi.

“Menindaklanjuti surat edaran Kemenag tentang data perjalanan ibadah umroh, sekaligus adanya perkembangan jumlah travel, maka dari itu kami mengingatkan kepada masyarakat agar jangan salah pilih biro perjalanan umroh,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pagaralam, Win Hartan, melansir intens.news, kemarin.

Agar terhindar dari penipuan, dia menyarankan masyarakat untuk dapat memperhatikan agen ibadah umroh dan haji yang dipilih. Terutama terkait izin. Biro perjalanan ibadah umroh tentu memiliki izin yang dikeluarkan Kementerian Agama.

“Selain itu sistem pembayaran dan tahapan perjalanan umroh diatur hampir sama seperti sistem tahapan pembayaran dan pemberangkatan haji,” terangnya.

Menurut Win, sistem pengawasan umroh saat ini hampir sama seperti pendaftaran ibadah haji, yakni menggunakan sistem komputerisasi terintegrasi. Kebijakan ini untuk mengawasi pemberangkatan maupun pemulangan jamaah agar tidak lagi ada penipuan, apalagi penelantaran jamaah.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Agama Pagaralam telah mendata sekaligus menetapkan biro perjalanan umroh resmi dan berizin biro perjalanan umroh yang tersebar dan operasional di Indonesia.

“Berdasarkan lampiran surat terbaru Kakanwil Kemenag Sumsel Nomor: B-305/KW/.06.4/2/HJ.01/9/2019 tertanggal 10 September 2019, ada sebanyak 45 perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Provinsi Sumsel,” ucapnya.

Dia menegaskan, Kantor Kementerian Agama Pagaralam akan terus mengawasi agen perjalanan umroh dan haji yang beroperasional di Bumi Besemah. Hal ini agar masyarakat jangan mudah tertipu dan tergiur dengan biaya umroh dan haji yang murah.(net)