IDAI Ragu Kesiapan Diknas Palembang Prihal Masuk Sekolah

IDAI Ragu Kesiapan Diknas Palembang Prihal Masuk Sekolah
Walikota Palembang bersama pihak terkait saat rapat membahas perkembangan dan evaluasi pelaksanaan SPBB

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Sejumlah pihak menanyakan kesiapan New Normal yang akan diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, salah satunya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), yang masih ragu terhadap persiapan pemerintah, terutama Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Ketua IDAI Sumatera Selatan, dr. Silvia Triratna menyampaikan, Pemkot Palembang dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Palembang, harus mengevaluasi surat tentang kembali dibukanya sekolah pada tanggal 15 Juni 2030. Pasalnya, IDA menilai Pemkot Palembang belum siap untuk kembali mengaktifkan aktivitas belajar di sekolah. "Kami dari IDAI menilai, kita belum siap, baik itu siap dalam hal prasarana, SDM (Sumber Daya Manusia) maupun siap dalam angkanya sendiri," ungkapnya.

Silvia mengatakan proses hidup sehat itu tidak dapat diaplikasikan ke anak-anak sekolah, khususnya anak-anak di bawah umur. Apalagi jika dilihat dari pergerakan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini, anak-anak rentan terhadap penularan dan infeksi dari virus itu sendiri. "Apakah anak-anak itu mengerti tentang protokol kesehatan. Tidak semua anak paham. Apalagi jika kita lihat dari pergerakan virus itu, angka positif Covd-19 yang menimpa anak-anak terus meningkat," ungkapnya.

Risiko penularan di sekolah bisa sangat mungkin terjadi di sekolah. Mulai dari pergi ke sekolah, hingga penularan dari kontak-kontak yang terjadi di sekolah. "Kita dari IDAI setuju saja, tapi harus disiapkan terlebih dahulu, mulai dari edulasi terhadap semua masyarakat benar-benar berjalan. Dan itu semua berlaku untuk semua masyarakat," terangnya.

Harua diketahui, Covid-19 ini bukan virus yang dapat dianggap enteng. Banyak yang sembuh tapi banyak juga yang tidak bisa tertolong. Terutama pada orang-orang yang daya tahan tubuhnya lemah, usia 60 tahun ke atas atau anak-anak di bawah lima tahun. Artinya, anak-anak tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang begitu kuat. "Kami berharap Pemkot Palembang dapat mengevaluasi kebijakan terkait aktivitas belajar di sekolah di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami setuju aktivitas belajar di sekolah kembali diaktifkan jika kasus Covid-19 ini sudah benar-benar turun," tandasnya. (rin)