Hujan Disertai Angin Kencang, Ganggu 27 Jalur Listrik

Hujan Disertai Angin Kencang, Ganggu 27 Jalur Listrik
Pohon tumbang setelah dihantam hujan lebat di kota Palembang. Akibatnya 27 jalur listrik terganggu

 

PALEMBANG ,MEDIASRIWIJAYA.com - Kota Palembang dan sekitarnya dilanda hujan badai, setelah dua hari yang lalu diguyur hujan disertai angin kencang. Hal ini turut menyebabkan aliran listrik di sebagian daerah terganggu. Hujan disertai angin kencang yang terjadi sekitar 45 menit sejak pukul 13.00 WIB ini mengakibatkan 27 jalur listrik tegangan 20 ribu volt terganggu dan sontak mengakibatkan sebagian pelanggan mengalami padam.

Hasil pemantauan dilapangan sore ini (22/05/2020), selain merusak baleho reklame di beberapa titik, hujan angin juga menyebabkan banyak pohon roboh dan menimpa kabel serta tiang listrik. Hingga berita ini dimuat, tercatat sebanyak 7 tiang listrik yang roboh, serta 4 titik kabel yang putus.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang, Nanang Prasetyo mengatakan akan segera melakukan upaya perbaikan secara cepat. "Kondisi ini merupakan musibah yang terjadi karena cuaca yang cukup ekstrim. Namun, kita akan segera melakukan recovery secepatnya. Saat ini kami telah menurunkan semua tim yang ada di kota Palembang, baik regu yang sedang piket maupun para personil yang sedang off dipanggil untuk ikut melakukan pemulihan kelistrikan," ungkapnya.

Adapun daerah-daerah yang terdampak akibat hujan angin sore ini antara lain: seputaran Talang Kerangga, seputaran Kambang Iwak, sebagian daerah Bukit, Jl. Demang Lebar Daun serta sebagian daerah Lingkar Sukarno-Hatta. "Sebanyak 97 tim teknis PLN telah menyebar ke seluruh daerah tersebut dan telah melakukan upaya perbaikan," imbuh Nanang.

"Kami berharap dukungan semua pihak serta kerjasama dari seluruh masyarakat serta awak media untuk menginformasikan kepada petugas bila terdapat pohon, spanduk, baleho atau benda lain yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, sehingga dapat kita minimalisir resiko terganggunya suplai listrik ke pelanggan ", harapnya.

Saat ini sebagian wilayah yang padam sudah berhasil dinormalkan kembali. Selanjutnya, Tim PLN akan terus berupaya agar aliran listrik ke seluruh pelanggan dapat menyala malam ini juga. 

"Kami juga sampaikan terima kasih kami kepada teman-teman aparat Kepolisian Resort Kota Besar Palembang beserta jajarannya, Dinas PRKP serta DLHK Kota Palembang yang turut membantu serta bahu membahu dalam upaya normalisasi sore ini. Tak lupa terima kasih juga kepada masyarakat yang bersama-sama mengamankan lokasi sehingga mempercepat perbaikan jaringan listrik," pungkasnya. (Yanti)