Hj Tuty Alawiyah, Kenalkan Jumputan Palembang ke Kolega 

Hj Tuty Alawiyah, Kenalkan Jumputan Palembang ke Kolega 
Foto: IST - Foto bareng Anggota DPD RI Asal Sumsel, Hj Asmawati MM (sebelah kanan) dan Hj Tuty Awaliyah

PALEMBANG, MS.com  - Jumputan merupakan salah satu produk tekstil dengan motif khas Palembang, yang kini makin dikenal di Indonesia. Selain bahan dan motifnya, cocok untuk dikenakan dalam berbagai suasana, harganya juga tergolong murah.

Sumber :IG Hj Tuty Alawiyah  ---- Foto bersama suami, H Ir Eddy Santana Putra, MT (Anggota DPR RI Partai Gerinda) Dapil Sumsel.

Salah satu pengemar jumputan Palembang, Hj Tuti Alawiyah mengatakan setiap kali pulang ke Palembang selalu menyempatkan diri belanja beragam produk jumputan baik berupa bahan pakaian maupun busana untuk menghadiri undangan. "Saya sudah punya langganan khusus, yang menjual beragam produk jumputan, biasanya tidak hanya untuk dipakai sendiri tetapi juga untuk memberi hadiah atau oleh-oleh bagi keluarga maupun kolega yang bermukim di Jakarta dan Bogor," kata istri mantan Walikota Palembang dua periode, Ir Eddy Santana Putra, MT beberapa waktu lalu.

Foto: IST - Hj Tuty Awaliyah, anggota DPRD Kab Bogor, istri mantan Walikota Palembang dua periode, H Ir Eddy Santana Putra  MT.

Wanita cantik berbalut jilbab yang kini menjadi wakil rakyat dari Partai Gerindra di kabupaten Bogor ini dengan antusias menceritakan bahwa dirinya sebagai bagian dari Wong Plembang merasa bertanggungjawab untuk ikut serta menjadi bagian dari peran masyarakat mempertahankan tradisi warisan leluhur di Bumi Sriwijaya ini. Ia menambahkan, kain jumputan dengan berbagai produk turunannya ternyata sangat disukai banyak orang. "Terbukti, setiap kenalan yang tahu kalau saya masih bolak balik ke Palembang selalu memesan jumputan untuk oleh-oleh," tambah ibu yang akrab disapa Bunda ini sambil tersenyum.

Dia menjelaskan, berbeda dengan songket, jumputan cocok untuk dipakai dalam berbagai suasana, bukan hanya di acara-acara resmi, seperti pesta pernikahan dan acara kenegaraan. Seperti dirinya yang aktif dalam keseharian maka mengenakan busana berbahan jumputan selain adem juga simple dalam perawatan.

Dengan menggenakan jumputan, juga cocok untuk dipakai bersantai sehari-hari, apalagi kini motifnya sangat beragam disesuaikan dengan tren kekinian, ujar dia.

Salah seorang pedagang di kawasan Ilir Barat I Palembang, Toyib mengatakan produk jumputan menjadi salah satu andalan yang dijual tokonya."Peminat produk jumputan mulai dari bahan kain, gaun, kemeja sampai dengan muken sangat diminati pembeli," kata dia.
Dia menambahkan, beragam produk jumputan tersebut, dengan harga jual berkisar Rp75 ribu sampai Rp500 ribu per item. Omzet dari penjualan produk jumputan tersebut bisa mencapai puluhan sejuta per hari, terutama di saat akhir pekan. "Sabtu dan Minggu, biasanya banyak pembeli dari luar kota yang datang ke toko yang berdampingan dengan pusat perbelanjaan modern tersebut, "tambah dia.(Nila)