Herman Deru Minta UMKM  Kembangkan Inovasi

Herman Deru Minta UMKM  Kembangkan Inovasi
Gubernur Sumsel H Herman Deru memukul gong tanda dimulainya kegiatan Gebyar UMKM 2020

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menginginkan keberadaan Usaha Mickro Kecil Menengah (UMKM) harus dapat menjadi kekuatan ekonomi masyarakat di Bumi Sriwijaya. Karena itu dia menegaskan, pemerintah tidak akan tinggal diam dalam mendukung  tumbuhnya kelompok usaha rakyat yang diharapkan nantinya menjadi kekuatan ekonomi bagi daerah. 

Hal itu disampaikan Gubernur Herman Deru saat membuka Gebyar UMKM Peringatan 4 Tahun DPD Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Provinsi Sumsel di Halaman Museum SMB II Palembang, Selasa (28/1).

Di hadapan ratusan pelaku  UMKM  kali ini,  Herman Deru meminta pelaku usaha kecil dan menengah tidak malu dengan kegiatan  UMKM yang dijalankannya. Oleh karena itu UMKM dituntut  dapat melakukan  inovasi. Membuat terobosan- baru dengan meng-update dan memperbaiki sistem usaha yang digunakan. "Sebagai usaha mikro jangan merasa rendah. Kita punya hak dan kesempatan yang sama untuk melakukan aktivitas ekonomi. Saya hadir disini bukan hanya bangga tetapi dapat melihat keberadaan UMKM ini secara langsung," ungkapnya. 

Gubernur menambahkan, pelaku usaha kecil selain dituntut berani berinovasi, juga diminta dapat memperbaiki kemasan produk para konsumen tertarik untuk membeli. "Pelaku  UMKM juga tidak boleh kaku dalam menjalin bekerjasama dengan pihak terkait. Saya minta kepada institusi  terkait untuk kedepankan pelaku UMKM ini. Ini juga adalah nilai-nilai ibadah yang sangat berarti secara materi bagi pelaku usaha dan keluarganya," tambah Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Akumindo Provinsi Sumsel, Habson mengatakan sebelum menggelar kegiatan ini dia akan  membentuk kepengurusan.

Gebyar UMKM ini, kata Habson tidak lain memberikan motivasi dan semangat bagi pelaku usaha yang dibina Akumindo Sumsel. "Jadi selama empat  hari kedepan kegiatan ini sebagai wahana menambah wawasan bagi pelaku usaha serta bagi pribadi dan kelompok untuk dapat berkolaborasi mengenai teknis pemasaran produknya," tandasnya. (ndre)