Harga Ayam Merangkak Naik 

Harga Ayam Merangkak Naik 
Pedagang ayam di pasar tradisional di Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Daging ayam merupakan salah satu komoditi yang mengalami kenaikan harga menjelang hari raya Idul Fitri. Seperti pantauan media sriwijaya  di pasar tradisional Kota Palembang pada hari Jumat (15/5/2020). 

Doni pedagang di pasar soak bato (26 ilir) menyebut saat ini harga ayam memang mengalami kenaikan. Dirinya kini menjual Rp 31 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya berkisar Rp24 ribu  sampai Rp26 ribu per kg. “Menjelang lebaran seperti saat ini, harga daging ayam pasti mengalami kenaikan, jika minggu lalu di harga Rp 24 - 25 ribu per Kg, Kini  per Kg sudah Rp 30 -31 ribu bisa saja sehari sebelum lebaran mencapai Rp 40 ribu per Kg," katanya.

Dia menjelaskan, kenaikan itu lantaran harga dari pemasok mulai naik. Sehingga ia pedagang daging ayam juga menaikkan.

Hal senada juga diakui Digo pedagang daging ayam di pasar KM5 ia mengatakan, sudah hampir satu minggu ini ada kenaikan sekitar Rp 5 - 6 ribu per kg untuk harga daging ayam. "Sebelumnya masih sekitar  Rp 25 ribu per kg, tapi sekarang per kg sudah Rp 30 sampai 31 ribu kg, mungkin besok naik lagi,” ujarnya.

Ia mengaku, dalam sehari sekitar 30 kg membawa daging ayam ke pasar, namun penjualan juga tidak menentu, kadang habis, kadang juga masih tersisa.

Titin, pembeli daging ayam di pasar KM 5 mengungkapkan, Dirinya membeli daging ayam di Pasar KM 5 Palembang seharga Rp 31 ribu per kg. Harga itu mengalami kenaikkan dibanding beberapa hari lalu. “Terakhir beli sekitar Rp24 ribu  sampai Rp25 ribu per kg. Tapi tadi saat belanja memang naik untuk harga daging ayam,” ucap dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Iwan Gunawan, mengatakan harga beberapa  komoditas pangan menjelang hari besar agama, ada yang mengalami kenaikan. "Ya itu biasa, jelang hari besar keagamaan, Kalau harga masih dalam kewajaran tidak apa apa. Hukum ekonomi kan jika  permintaan naik harga-harga juga ikut naik," ungkapnya via seluler Sabtu (16/5/2020)

Iwan menambahkan, ada tiga  Komoditi yang kami pantau pada hari Sabtu (16/5/2020) mengalami kenaikan harga yakni, Daging ayam boiler dari Rp.27.600 per kg menjadi Rp. 31 ribu sampai 35 ribu per kg. Kemudian, cabe rawit hijau dari Rp.34.200 per kg menjadi Rp. 40 ribu per kg,  
Kemudian harga bawang merah dari Rp. 57.600 per kg menjadi Rp. 65 ribu  per kg. "Kenaikan harga tersebut berdasarkan pantauan kami setiap hari di 5 pasar tradisional yang ada di Kota Palembang,” tuturnya. (ksm)