Gali Lubang Tutup Lubang

Gali Lubang Tutup Lubang

Kekurangan Guru

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Sektor pendidikan di Kota Palembang memang masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah tenaga pendidik atau guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, H. Ahmad Zulinto, S.Pd.MM, melalui Kepala Bidang SMP Disdik Kota Palembang Drs. H. Herman Wijaya, M.Si mengatakan bahwa Kota Palembang masih kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Secara umum di tahun 2019 ini Kota Palembang memiliki jumlah guru yang berstatus PNS ada sebanyak 2.173, dan ini bisa saja berkurang apabila ada guru yang mau pensiun, khusus guru di tingkat SMP di tahun ini yang memasuki masa pensiun di Kota Palembang ada berjumlah 57 orang,” jelas  Herman.

Herman menyebutkan, dari data diterima sampai saat ini, guru berstatus PNS untuk semua mata pelajaran di tingkat SMP masih kekurangan hingga  612 orang.  “Ini belum lagi ditambah dengan kekurangan guru untuk Sekolah Dasar (SD). Untuk menutupi kekurangan ini, sekolah terpaksa memanfaatkan tenaga guru honor. “Ya ibarat gali lubang tutup lubang. Inilah yang membantu sehingga proses belajar mengajar di setiap sekolah yang ada di kota Palembang masih bisa berjalan dengan normal. Kalau saja ini guru honor  tidak ada, maka mungkin pendidikan, terutama di SMP, bisa lumpuh.

Kalau tidak adanya penambahan guru ini bagaimana untuk memutupi guru yang pensiun, Karena ini tidak main-main. Kita bisa lost generasi jika guru-guru ini tidak segera dipenuhi. Karena guru honor  ini tidak bisa menjadi andalan utama. Mereka bisa saja sewaktu-waktu berpindah atau berhenti karena mendapat pekerjaan yang jauh lebih layak dari apa yang dia dapatkan sekarang,” ujarnya.(san)