Gaji Perangkat Desa jadi Rp4 Juta

Gaji Perangkat Desa jadi  Rp4 Juta
Kantor Bupati OKU Selatan.(foto ist)

OKUS, MEDIASRIWIJAYA - Mulai Januari tahun 2020 gaji perangkat Desa di Kabupaten OKU Selatan bakal mengalami kenaikan. Dengan alokasi dana sebesar Rp4 juta per bulan.

Kenaikan besaran upah dan tunjangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2104 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

kendati demikian besaran kenaikan penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa disesuakan dengan kemampuan keuangan daerah.

Berdasarkan PP Nomor 43 Tahun 2104 Pasal 61 Perangkat Desa terdiri atas Sekretaris Desa, Kaur, dan Kadus, melansir tribunsumsel, kemarin.

Kepala BPKAD OKU Selatan, M Rahmatullah, mengatakan kenaikan upah penghasilan dan gaji tersebut merupakan anggaran Pemkab dan tambahan dana pemerintah pusat.

"Tahun 2020 mendatang Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah menganggarkan 10% dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana bagi hasil yang akan disalurkan keseluruhan Desa di Kabupaten OKU Selatan, serta tambahan DAU dari Pemerintah Pusat untuk kenaikan gaji Perangkat Desa," ujar Rahmat.

Melalui kebijakan dan Peraturan Bupati (Perbup) OKU Selatan, besaran penghasilan Kepala Desa + Tunjangan Kepala Desa yang sebelumnya Rp 3.500.000,- naik menjadi Rp.3.926.640.

Sedangkan untuk Sekretaris Desa (Sekdes) naik yang sebelumnya Rp.700.000 menjadi Rp 2.224.420.

Sedangkan untuk Kaur dan Kadus yang sebelumnya Rp.550.000,- menjadi Rp 2.022.200.

Sama halnya dengan Linmas, Bendahara, dan BPD berdasarkan kebijakan Pemerintah Daerah juga mengalami kenaikan yang sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, maka juga dilakukan kenaikan namun tidak terlalu siginfikan.

Bupati OKU Selatan Popo Ali MN Commerce mengatakan, kenaikan upah dan tunjangan perangkat Desa merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja berdasarkan tindak lanjut dari PP Nomor 11 Tahun 2019.

"Kenaikan penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa guna meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Sehingga pembangunan dan pemerintahan desa bisa berjalan lebih optimal dari sebelumnya," ujar Popo.

Kepala Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan Juproni, Kepala Desa baru yang terpilih nantinya dalam penyaringan Perangkat Desa, harus dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten OKU Selatan Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pem
berhentian Perangkat Desa.

"Hal itu agar menghasilkan Perangkat Desa yang berkualitas yang mempunyai pemikiran untuk membangun desa khususnya penyelenggaraan Pemerintahan Desa," ujar Joproni.(net)