Dorong Media Tingkatkan Mutu Bahasa Indonesia

Dorong Media Tingkatkan Mutu Bahasa Indonesia
Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk media, di PALI.(foto ist)

PALI, MEDIASRIWIJAYA – Balai Pengembangan Bahasa Sumatera Selatan menginginkan media meningkatkan mutu bahasa Indonesia. Hal itu disampaikan Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Sumsel Sukamto dalam acara Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk media, di PALI, Rabu (16/10).

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan bahasa indonesia yang baik di kalangan media, karena telah kita ketahui pada berapa tahun akhir ini bahasa Indonesia sudah tergerus dan melemah di kalangan media," ujar Sukamto, melansir sumateranews, kemarin.

Sukamto mengharapkan melalui penyuluhan ini, media dapat mengembalikan dan mengembangkan bahasa Indonesia di tengah masyarakat. “Semoga peserta dapat belajar dengan baik dan dapat mengembangkan bahasa di tengah masyarakat indonesia terkhusus Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten PALI, Nurul Fallah Dahlan SH menginginkan para peserta dari sejumlah media cetak, online dan tv untuk dapat belajar dengan serius demi memahami apa dan bagaimana kata bahasa yang baik dan benar di media massa.

”Ya kesempatan ini sangat baik bagi rekan-rekan jurnalis jadi ikutilah dengan baik serta manfaatkan waktu sebaik mungkin ” sebut Ketua PWI saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia dibuka oleh Bupati PALI Ir H.Heri Amalindo MM yang diwakili Drs Kamriadi Kepala Dinas Pendidikan kabupaten PALI.

Kamriadi mengatakan Balai Bahasa merupakan ahli bahasa, yang diharapkan dapat menguatkan dalam bahasa yang benar.

“Bahasa Indonesia sangat baik bagi kawan yang berkiprah dibidang jurnalis, dan pembelajaran ini akan memberikan penguatan sehingga dapat memberikan bahasa yang benar dan tepat,” tandas Kadisdik PALI.(net)