Dinkes Sosialisasi Kesehatan

Dinkes Sosialisasi Kesehatan
Teks photo : Usai mengikuti giat sosialisasi pentingnya kesehatan bagi warga, para peserta berpose bersama.

INDRALAYA, MS --Kadinkes OI Dr Nurhalina bersama Kadinkes Provinsi Sumsel menggelar kegiatan sosialisasi penggalangan organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan berlangsung Selasa (15/10) bertempat di Pondok Rangon Danau Teluk Putih Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya. Kadinkes OI Menyampaikan kesehatan itu adalah investasi karena dengan sehat kita bisa melakukan berbagai kegiatan dan aktifitas tanpa ada kendala dengan sehat kita berkarya.

Lanjutnya, pemerintah memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan antara lain yakni meliputi tanggung jawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat.

"Untuk itu, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan menjadi salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia," tutur Kadinkes OI Dr Nurhalina, Selasa (25/10) di sela-sela giat sosialisasi.

Kadinkes OI menuturkan, bahwasanya pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri karena diperlukan peran serta dari berbagai pihak termasuk Organisasi kemasyarakatan, Media Cetak dan Media Elekteonik (TV, Radio dan media Online). Oleh karenanya melihat pentingnya dukungan berbagai pihak, diperlukan peran serta masyarakat terutama dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang mempunyai akar rumput dan akses cukup besar dengan masyarakat.

“Germas mempunyai kapasitas untuk menggerakan masyarakat agar meningkatkan peran aktifnya di bidang kesehatan, Germas juga mempunyai potensi yang sangat besar dengan menggunakan sumber daya yang dimilikinya, dapat berkontribusi dalam pembangunan kesehatan Baik di tingkat Provinsi maupun Daerah khususnya di Kab OI," tutur Kadinkes OI.(Ber)