Dinas Sosial Mura Rehap Rumah tak Layak Huni

Dinas Sosial Mura Rehap Rumah tak Layak Huni

MUSIRAWAS, MEDIASRIWIJAYA.com - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas (Mura), Agus Susanto, AP,S.STP di ruang kerjanya, Kamis (5/3/2020) mengatakan dinasnya akan melakukan rehap sesegera mungkin terhadap rumah tak layak huni. 

Menurut Agus, rumah tidak layak huni (RTLH) yang akan direhab segera di Kab Mura tersebut berjumlah 24 unit dengan pagu anggaran per unit sebesar Rp 17.400.000,-dalam pemberian tersebut tidak dalam bentuk uang tunai akan tetapi bentuk bahan bangunan, pasir, semen, dan lainnya.

Dari jumlah 77 unit pada desa kategori tertinggal dan 27 unit yang tersebar dengan daerah lain dari fokus 100 unit.
Dia mengatakan pihaknya akan merehab rumah tidak layak huni untuk menciptakan keberfungsian sosial masyarakat Musirawas menuju Musirawas Sejahtera dalam Visi Musirawas SEMPURNA.

Dengan itikad kegotongroyongan dalam masyarakat membaur membantu masyarakat miskin yang ada di wilayahnya saling membantu antara satu dengan yang lainnya hingga menjadi suatu kekuatan bersama dalam masyarakat. ”Untuk kegiatan ini akan dilakukan pelelangan terlebih dahulu, dan kepada pihak pelaksana akan diberikan bahan bangunan, bukan berupa dana,” jelas Agus.

Kemudian persyaratan yang harus dipenuhi sesuai kriteria yang ditetapkan berdasarkan standar, rumah dinding papan, bambu lantai tanah keramik posisi rusak serta tidak memiliki MCK. Berdasarkan usulan dari Pemerintah Desa sudah ada 182 unit masuk ke Dinsos.
“Kegiatan tersebut saat ini masih dalam proses pengajuan, kalau disetujui dan sudah turun baru akan kita laksanakan,” kata Agus. (mud)