Dewan Segera Bakal Bahas Raperda Pilkades

Dewan Segera Bakal Bahas Raperda Pilkades
Ketua DPRD H Ahmad Palo SE

PRABUMULIH, MEDIASRIWIJAYA – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tak sempat diselesaikan dan dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode sebelumnya. “Ada beberapa raperda yang memang menjadi prioritas yang belum sempat dibahas akan diselesaikan oleh periode ini,” kata Wakil Ketua DPRD sementara H Ahmad Palo, melansir prabumulihpos, Senin (7/10).

Raperda yang dinilai prioritas dan akan segera dibahas tersebut kata Palo, diantaranya penyertaan modal Bank SumselBabel, Raperda PDAM. “Termasuk juga ada Raperda Pilkades (pemilihan kepala desa), itu masih menjadi PR kami,” ucap Palo.

Rapeda Pilkades kata Palo, tetap akan dibahas dan diselesaikan oleh anggota DPRD meskipun pelaksanaan Pilkades tak mengacu pada perda yang akan dibahas dan disahkan. “Karena raperda pilkades belum selesai hingga akhir masa kades, sehingga bisa menggunakan perwako. Dan Pilkades tetap bisa dilaksanakan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) A Fuazan SSTp MSi menyampaikan, pilkades tetap dilaksanakan November mendatang. “Pilkades merujuk pada Permen nomor 65 tahun 2017. Sementara Perda nomor 3 tahun 2017 juga masih kita pakai, hanya 1 ayat yang dihapus,” kata Fauzan menambahkan saat ini tahapan Pilkades masih pendataan dan pemutahiran data.(net)