Dana Desa Bisa Tanggulangi Kemiskinan

Dana Desa Bisa Tanggulangi Kemiskinan
Wakil Bupati Lahat, Haryanto.(foto ist)

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA  — Wakil Bupati Lahat Haryanto mengatakan, dana desa jika dimanfaatkan dengan baik, bisa jadi solusi untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Lahat. Pasalnya kemiskinan yang ada di desa, bisa ditanggulangi jika adanya lapangan kerja bagi masyarakatnya.

Untuk itu, menggalakkan program BUMDes seperti dibidang peternakan, usaha koperasi, dan lainnya. Bisa menciptakan peluang kerja bagi masyarakat desa sendiri. Dimana keuntungannya nanti, juga akan kembali untuk desa itu sendiri.“Tujuan adanya Dana Desa itu, agar desa bisa mandiri. Dana tersebut bisa sangat berguna untuk masyarakat, tinggal bagaimana managemennya,” kata Haryanto, melansir detiksumsel, Senin (9/3).

Lanjut Haryanto, tentunya hal itu bisa tercapai dengan keseriusan Kepala Desa dan perangkat desa. Kepala Desa sepatutnya tidak lagi selalu menggunakan Dana Desa itu, untuk pembangunan jalan setapak dan spal melulu. Haryanto mulai berpikir bagaiamana mengolah Dana Desa, agar bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.“Target tahun 2021, kita keluar dari angka 5 termiskin se Sumsel. Agar bisa memberdayakan masyarakat, desa bisa menggalakkan olahan khas desanya. Jadi saat ada cara, untuk snaknya tidak perlu beli di luar, cukup yang ada. Seperti pisang goreng, kecepul, dan lainnya,” ujar Haryanto.(net)