Clean Up Day, Bersihkan Curup Tenang Bedegung

Clean Up Day, Bersihkan Curup Tenang Bedegung
Bupati Muaraenim membuka kegiatan Clean Up Day And Serasan Betta Contes 2020 Kabupaten Muaraenim di Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung di objek wisata Air Terjun Curup Tenang, di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muaraenim.(foto ist)

MUARAENIM, MEDIASRIWIJAYA - Pemkab Muaraenim melaksanakan Clean Up Day and Serasan Betta Contes 2020 Kabupaten Muaraenim di Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung di objek wisata Air Terjun Curup Tenang, di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muaraenim, Minggu (8/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut selain menggelar lomba Ikan Cupang Hias, juga melakukan pembersihan sampah di areal wisata Air Terjun Bedegung Muaraenim. Kemudian menerima kunjungan wisatawan dari peserta lomba ikan Cupang Hias dari berbagai daerah yakni pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Dan untuk memeriahkan kegiatan di Air Terjun Bedegung juga dihibur oleh artis cilik asli Bedegung Vira dengan dua buah lagu sekaligus dengan judul Muaraenim dan Mutiara Hitam. Dan dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba foto Selvi bagi pengunjung Air Terjun Bedegung, melansir lenterapendidikan.

Asisten Perekonomian Pembangunan H Amrulah Jamaludin mengatakan Clean Up Day and Tour de Bedegung gerakan gotong royong bersih-bersih sampah dengan tujuan menciptakan kesadaran, dan kepedulian masyarakat terhadap objek wisata unggulan Air terjun Curup Tenang.

Sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Muaraenim dalam rangka mewujudkan visi dan misinya yaitu #Merakyat yakni Muaraenim untuk Rakyat yang Agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera, tentu saja bidang pariwisata menjadi bagian penting dalam upaya membangun citra yang berujung pada peningkatan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kenyamanan dan kebersihan lokasi objek wisata harus sangat diperhatikan sehingga memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung. Dengan adanya pemungutan sampah serentak diharapkan dapat menumbuhkan semangat menjaga kebersihan, terutama dilingkungan objek wisata.

"Selamat datang kepada peserta Betta Contes Bupati Cup 2020 dari pulau Jawa dan Sumatera di Muaraenim Bumi Serasan Sekundang," ujarnya.

Amrulah menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada seluruh peserta clean Up day dari berbagai komunitas, OPD/BUMN/BUMD/Sekolah dan masyarakat umum yang  telah ikut serta pada kegiatan ini dan kepada PT. Bukit Asam Persero Tbk dan PT. Satria Bahana Sarana yang telah berpartisipasi dengan memberikan bantuan CSR berupa alat-alat kebersihan diantaranya tempat sampah  yang akan di letakan di beberapa titik lokasi air terjun curup tenang. Diharapkan dengan semakin banyak menempatkan tempat sampah di lokasi tersebut akan menumbuhkan kepekaan wisatawan dan masyarakat yang berada di lokasi tersebut agar membuang sampah pada tempatnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muaraenim Isdrin ST yang juga sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa  tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka mendukung kegiatan colour full Muaraenim tahun 2020, Menggerakkan pelaksanaan gotong royong di objek wisata Bedegung, untuk menyambut peserta Clean Up Day And Serasan Betta Contes tahun 2020, sekaligus mempromosikan objek wisata yang ada di Muaraenim. peserta Clean Up Day And Serasan Betta Contes tahun 2020 diadakan di Taman Adipura Muaraenim dengan jumlah peserta sekitar 500 orang dari Pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Untuk Clean Up Tour De Bedegung 2020 diikuti sekitar 300 orang yang berasal dari 13 Komunitas, sekolah, organisasi kemasyarakatan dan instansi terkait.

Sementara itu Kades Bedegung Vinauli bahwa pihaknya sebagai Pemerintah Desa Bedegung mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh OPD yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kedepan tempat objek wisata Bedegung lebih dikenal secara nasional bahkan internasional. Kedepan untuk dilakukan pembangunan fasilitas yang lebih baik lagi yang bisa mendukung wisata Bedegung.(net)