Cek Senjata Personel Polres Prabumulih

Cek Senjata Personel Polres Prabumulih
Seksi Logistik Bag Sumda bersama Unit Propam Polres Prabumulih melakukan cek senpi, Senin (7/10). Foto ist

PRABUMULIH, MEDISRIWIJAYA – Mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (Senpi) di lingkungan Polres Prabumulih, ratusan personel pemegang senpi kemarin (7/10) dicek Bag Sumda melalui Seksi Logistik bersama Unit Propam. Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIk MH didampingi Wakapolres, Kompol Harris Batara SIk menyebutkan, cek senpi personel dalam rangka pemeriksaan rutin. Khususnya, masalah kelengkapan administrasinya. “Khususnya, masalah masa berlaku atau izin penggunaan senpi. Kartu senpi, psikologi senpi, dan lain-lainnya. Untuk kelengkapan administrasinya, senpi personel sementara kita tarik. Kemungkinan, siang ini selesai administrasinya selesai dan senpi personel kita kembalikan,” ujarnya, melansir prabumulihpos, kemarin.

Selain itu, akunya juga sebagai antisipasi kejadian di Polda Sumatera Utara (Sumut). Personel pemegang senpi, dipastikan kompetensinya harus layak. “Beban tugas berat personel kepolisian di lapangan, kompetensi layak memegang senpi menjadi perhatian utama kita. Kompetensi layak tidaknya personel memegang senpi, kita liat hasil psikologi. Dan, memang rutin diperbaharui,” jelas Wayan, sapaan akrabnya.

Masih kata Alumni Akpol 2.000 ini, di sela-sela cek senpi juga diselipkan tes urin bagi personel dilakukan secara random. “Karena, jika personel pemegang senpi terindikasi narkoba sangat membahayakan. Pasalnya, emosi pengguna narkoba labil dan jelas senpinya akan kita tarik. Untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan,” ucapnya.

Ungkapnya, personel terlibat narkoba jelas akan sanksi tegas. Tukasnya, tidak ada toleransi personel menggunakan narkoba. “Positif narkoba, personel kita tindak dan sanksi tegas. Tidak ada main-main, dan pandang bulu,” tukasnya.

Senada juga dibenarkan Kabag Sumda, Kompol Rudi Isroni. Kalau cek senpi, kegiatan rutin pihaknya. Untuk memastikan kelengkapan administrasinya, lengkap dan tidak kadaluarsa izinnya. “Setiap Kamis, rutin kita cek untuk memastikan senpi personel dan administrasinya,” tambahnya.

Sebutnya, kalau cek senpi kali ini memang sifatnya dadakan. Karena, ada instruksi terkait kejadian personel di Medan. “Cek senpi ini, sebagai antisipasi hal-hal tidak diinginkan,” bebernya.(net)