Camat Kimtim Temui Langsung 30 Pemilik Rumah Yang Hanyut dan Hilang

Camat Kimtim Temui Langsung 30 Pemilik Rumah Yang Hanyut dan Hilang
foto:ms/akbar -  Camat Kikim Timur Pebroni,SE.,MM menyambangi langsung kelokasi rumah warga yang rusak berat dan hilang dibawa arus banjir bandang

KIKIMTIMUR, MEDIASRIWIJAYA - Jumat pagi(17/01/2020) sekitar pukul 08.00 wib, Camat Kikim Timur Peborni,SE.,MM menyambangi langsung para pemilik rumah korban banjir bandang yang hancur luluh dan hanyut di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat.

Ke 30 warga Desa Gunung Kembang yang mayoritas tinggal di pinggir aliran sungai Kikim menyatakan tidak mau lagi tinggal di lokasi saat ini,karena mereka trauma atas kejadian banjir bandang yang melanda desa mereka beberapa hari yang lalu.

Kepada Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Camat Kecamatan Kikim Timur, Pebroni SE.,MM., masyarakat desa Gunung Kembang berharap agar bisa membantu mereka untuk merelokasi tempat tinggal yang baru,dengan lokasi yang lebih aman.

Kiki Lidya salah seorang warga Desa Gunung Kembang,saat diwawancarai awak media ini berharap kepada Pemerintah agar secepatnya membantu mereka untuk bisa pindah kelokasi yang baru.

"Kami berharap kepada Pemerintah,agar secepatnya bisa membantu kami dengan menyediakan tempat tinggal yang baru,yang lebih aman lagi,kami tidak mau tinggal lokasi ini lagi,kami trauma Pak,tragedi musibah banjir bandang ini benar-benar membuat kami trauma, sehingga kalau hujan sedikit saja kami sudah ketakutan kalau-kalau terjadi banjir bandang susulan,"harapnya.

Camat Kikim Timur Pebroni,SE.,MM saat dilokasi puing-puing bangunan akibat banjir bandang di Desa Gunung Kembang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lahat sedang mengupayakan relokasi buat warga yang rumahnya hancur dan hanyut dibawa arus banjir bandang serta rumah-rumah warga yang rusak.

"Kita mewakili Pemerintah Kabupaten Lahat,yang berada di Kecamatan Kikim Timur terus berupaya mencari solusi untuk relokasi rumah-rumah penduduk yang berada di pinggiran sungai Kikim ini, tentunya hal ini harus melalui proses, dan sesuai dengan juknis dan juktis dari Bapak Bupati, jadi kita harapkan kepada para masyarakat harap bersabar dulu,"terang Pebroni.

Dari pantauan awak media dikecamatan Kikim Timur ada 47 unit rumah warga yang hancur dan rusak berat,dengan rincian di desa Gunung Kembang ada 30 unit rumah warga yang rusak berat,desa Tanda Raja 3 rumah, Patikal Lama 4 rumah,Didesa Muara Danau 3 rumah,Bungamas 4 rumah,Lubuk Layang Ulu 2 rumah,dan Desa Padang Bindu 1 rumah,sedangkan yang rusak ringan dan rusak ringan dari data yang ada di Kecamatan Kikim Timur ada ribuan rumah penduduk.(b4r)