Camat KiKim dan Tripika Hadiri Musdes Desa Gelumbang

Camat KiKim dan Tripika Hadiri Musdes Desa Gelumbang

GELUMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Camat Kikim Timur Pebroni SE.,MM beserta unsur Tripika Kikim Timur, hadiri acara Musyawarah Desa (Musdes) di Desa Gelumbang Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, Jumat (24/1).

Acara yang digelar Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Desa Gelumbang Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat itu berlangsung lancar,dan para Tripika Kikim Timur juga langsung meninjau langsung ke lokasi jembatan gantung sungai Empang yang mengalami rusak berat setalah 2 kali dihantam banjir.

Acara yang dibuka Ketua BPD Desa Gelumbang itu, membahas berbagai usulan alokasi dana desa tahun 2020 ini, agar tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan keinginan masyarakat.

Tampak hadir dalam acara Musdes ini Camat Kikim Timur Pebroni,SE.MM., Kapolsek Kikim Timur Iptu. Samsuardi, Danramil Kikim Area Kapten Inf.Agus Subakto atau yang mewakili, Kepala Desa Gelumbang Depi Aprianto, Para Anggota BPD, Pendamping Desa (PD), PDL, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ibu-ibu PKK, dan masyarakat Gelumbang.

Ketua BPD Gelumbang mengatakan ini merupakan musdes yang  pertama kali digelar Ketua dan Anggota BPD yang baru. Pun termasuk kali pertama dihadiri oleh kades yang baru saja dipilih masyarakat dan dilantik oleh pemerintah. "Kita berharap semoga hasil Musdes ini benar-benar bisa terwujud sesuai dengan keinginan masyarakat. Apalagi ini kali pertama kami selaku BPD yang baru mengadakan Musdes, pun kali pertamanya kades kami yang baru menghadiri Musdes ini,"ujarnya.

Kapolsek Kikim Timur Iptu.Samsuardi mengatakan Musdes ini wajib diadakan, karena melalui Musdes inilah akan timbul suatu kemufakatan bersama, tentunya dalam proses pelaksanaan Musdes harus tetap menjunjung tinggi asas kekeluargaan, sportivitas dan kebersamaan, sehingga tetap tercipta kondisi yang aman dan kondusif.

Hal senada juga disampaikan oleh Danramil Kikim Area Kapten Inf.Agus Subakto atau yang mewakili,bahwa tugas TNI dalam hal ini sesuai dengan juknis dari atasan adalah selaku pengawas pelaksanaan alokasi dana desa agar tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna."TNI di sini mempunyai tugas yang sama,dalam pelaksanaan alokasi dana desa,sesuai dengan juknis dari pimpinan kami,kami akan mengawasi pelaksanaan alokasi dana desa agar tepat waktu,tepat sasaran dan tepat guna sehingga dana desa ini, memang benar-benar terlaksan dengan baik dan sesuai dengan juknis dan juktis yang ada,"jelasnya.

Kepala Desa Gelumbang yang baru saja dilantik, Depi Aprianto mengatakan bahwa ini kali pertama ia mengikuti Musdes, tentunya ia berharap agar semua pihak dapat saling bersinergi dengan baik dalam menjalankan alokasi dana desa tahun 2020 ini.

"Ini kali pertamanya saya mengikuti Musdes selaku Kades,disini tentunya saya harus banyak belajar kepada para sepuh dan senior saya,dan saya berharap kepada semuanya agar bisa bersinergi dengan saya,baik itu kritik membangun,saran dan pendapat sangat saya harapkan,agar alokasi dana desa ini benar-benar bisa terwujud dan terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan keinginan masyarakat desa Gelumbang,"harap Depi.

Sementara itu, Camat Kikim Timur Pebroni,SE.,MM menegaskan bahwa Musdes ini wajib dilaksanakan oleh seluruh BPD bersinergi dengan Kadesnya masing-masing, apa pun itu alasannya Musdes harus dilaksanakan.
"Musdes ini wajib dilaksanakan seluruh BPD bersinergi dengan Kades nya masing-masing. Dan saya selaku Camat Kikim Timur berharap, Antara BPD dan Kades itu harus saling bersinergi membangun desa dengan menggunakan dana desa ini, agar tidak ada misscomunikasi, ini uang rakyat bukan uang kades, bukan uang Camat, bukan pula uang Bupati, tapi ini murni uang yang diperuntukkan untuk kepentingan rakyat dari pemerintah. Laksanakanlah Musdes ini dengan sebaik-baiknya agar bisa tersimpulkan apa-apa yang akan menjadi prioritas utama dalam melaksanakan alokasi dana desa tahun 2020 ini, yang sesuai dengan keinginan masyarakat desa Gelumbang dan laksanakanlah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan juknis dan juktis yang ada," ujar Roni. (B4R)