Budayakan Gemar Baca Sejak Dini, DPKD Banyuasin Gandeng Guru Paud

Budayakan Gemar Baca Sejak Dini, DPKD Banyuasin Gandeng Guru Paud
dr Fitriyanti Askolani sedang melihat buku di perpustakaan keliling

BANYUASIN, MS - Gemar membaca buku terus dibudayakan bagi anak sekolah dan mereka yang sudah sukses mendapat pekerjaan. Hal ini bertujuan menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Sasaran kali ini, Pemkab Banyuasin melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Banyuasin dengan mengandeng guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Banyuasin. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan memudahkan guru pendidikan usia dini memberikan materi membaca yang disukai anak.

 Seperti diketahui, DPKD Banyuasin mengelar kegiatan Workshop Budayakan Membaca Bagi Guru Paud di Auditorium Pemkab Banyuasin.
 Acara itu dihadiri langsung Wakil ketua PKK Banyuasin Neny Trihariani, Plt Ketua Darma Wanita Banyuasin Hamida Senin Har, Asisten III Babul Ibrahim, Kepala Dinas Perpustkaan dan Arsip Daerah Adam Ibrahim, Kepala Diskominfo Banyuasin Aminuddin serta dua pemateri Muhammad Toha dan Junjun Nurjamin.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Banyuasin Adam Ibrahim menjelaskan jika 200 peserta yang mengikuti workshop penyelenggaraan koordinasi pengembangan budaya baca untuk guru PAUD dan TK dengan tema membudayakan membaca sejak dini. "Diharapkan dapat memberikan materi yang inovatif sehingga minat anak usia dini dalam membaca meningkat,"katanya. 

Sementara itu Ketua PKK Banyuasin dr Sri Fitryanti Askolani juga menyinggung jika pengaruh gedjet sangat berpengaruh terhadap minat baca anak saat ini, sehingga diperlukan dorongan orang tua agar anak usia dini gemar membaca. Didampingi Wakil Ketua PKK Banyuasin Neny Tri Hariani Ketua PKK Banyuasin sangat berharap agar seluruh peserta workshop dengan serius mengikuti materi yang diberikan sehingga minat baca di Banyuasin meningkat. "Tidak hanya pada gurunya, saya meminta orang tua murid PAUD dapat lebih peduli terhadap aktivitas pendidikan anak. Khususnya kebiasaan membaca buku sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kecerdasan anak,"katanya.

Usai membuka langsung workshop Ketua PKK Banyuasin dr Fitri Askolani menyempatkan diri meninjau langsung fasilitas perpustakaan keliling sekaligus membaca langsung buku yang disediakan Tim Pusling. (ydp)