Buaya Sungai Rengit Kembali Tampakan Wujudnya

Buaya Sungai Rengit Kembali Tampakan Wujudnya
Ir Alpian

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA -- Meluapnya sungai di Desa Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin di musim hujan sekarang ini, menyebabkan buaya-buaya berkeliaran di rawa-rawa. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengimbau masyarakat yang hobby memancing dan mencari rumput agar berhati-hati.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH melalui Dinas Kesbangpol dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuasin Ir Alpian, Jumat (31/1/2020) membenarkan kalau setiap musim hujan dan air pasang dipastikan buaya-buaya di kawasan Sungai Rengit, naik ke permukaan.

Sebab itu, pemerintah menghimbau agar sementara waktu, masyarakat yang hobi memancing maupun mengambil rumput dan juga mencari kayu di sekitaran sungai diminta waspada dan jangan mendekati lokasi Sungai Rengit.

"Benar ada informasi bahwa buaya kembali menampakan wujudnya di wilayah Sungai Rengit," ucap Alpian panjang lebar, walaupun pihak pemerintah desa hingga kini belum menyampaikan laporan secara tertulis ke pemerintahan.

Masih kata Alpian, menurut informasi buaya-buaya tersebut sudah sepekan ini, terlihat oleh warga yang memancing. Sebab itu, sebelum terjadi korban jiwa berikutnya, masyarakat dilarang mendekati Sungai Rengit sekitaran Perusahaan PT KAM.

Alpian menyebutkan, setiap musim hujan, pasang naik buaya sering masuk rawa-rawa dan desa. "Buaya-buaya ikut arus pasang surut. Ketika air pasang naik buaya bisa menampakkan wujudnya, ketika air surut buaya pergi lagi," ujar Alpian yang meminta warga indahkan himbauan untuk tidak berada di areal buaya.

Umirtono SH Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Banyuasin mengakui, bahwa di kawasan Sungai Rengit lokasi berkembang biak buaya-buaya. Dan kerap kali warga disekitar menjadi korban.

Wilayah Sungai Rengit dulunya terdiri dari hutan dan rawa-rawa, kini berubah jadi pemukiman dan perkebunan, hingga mempengaruhi habitat buaya. Buaya-buaya pun berkeliaran di tempat biasa orang mencari ikan, mancing.

"Sejauh ini belum ada tindakan dari BKSDA Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintah Kabupaten Banyuasin, hanya sekedar himbauan, sosialisasi agar masyarakat waspada buaya," ungkap Umirtono yang berharap pemerintah harus menyediakan penangkaran buaya yang lebih aman. (ydp)

MS/DARMA
Dinas Kesbangpol dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuasin Ir Alpian.