Buat KTP dan KK Bisa di OPI Mal, Catatan Sipil Banyuasin Buka Layanan Gratis

Buat KTP dan KK Bisa di OPI Mal, Catatan Sipil Banyuasin Buka Layanan Gratis
MS/DARMA-    Kadin Capil Banyuasin Saukani SE MM memberikan penjelasan kepada warga.

BANYUASIN, MS -- Kadin Capil Banyuasin, Saukani SE MM membuka pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di swalayan Mall OPI Jakabaring Palembang. "Bagi masyarakat di Kecamatan Rambutan cukup datang ke swalayan Mall OPI, untuk kepengurusan keperluan KK dan KTP," kata Saukani pada saat memberikan arahan kepada warga yang ingin membuat identitas diri setiap pagi yang datang ke kantor catatan sipil, Kamis (11/7).

"Kalau bapak-bapak dan ibu-ibu ingin membuat identitas diri, kartu keluarga dan kartu tanda penduduk, silahkan ikuti aturan yang telah ditentukan. Apabila persyaratan sudah benar dipastikan dilayani dengan baik dan cepat tentunya," kata Saukani di hadapan warga yang sejak pagi sudah memadati kantor pelayanan catatan sipil.

Foto _ Kadin Capil Banyuasin, Saukani SE MM 

Apabila warga tidak mengikuti aturan, dan ikut jalur lain karena ingin cepat, jelas Saukani, dirinya tidak bertanggungjawab atas keterlambatan atau malahan tidak dilayani. "Aturan dan syarat sudah disampaikan, apabila ada yang belum paham dapat bertanya di meja informasi dan pengaduan," tutur Saukani yang juga mempersilahkan masyarakat langsung menghadap dirinya.

Masih kata Saukani, pihaknya memprioritaskan bagi warga yang ingin mengurusi identitas sendiri daripada titipan. Sebab, jelas Saukani, dengan keterbatasan blangko KK dan KTP menjadi perhatian kita untuk tidak membuat KK dan KTP berulang-ulang, karena kesalahan data.  "Kalau buat sendiri atau membuatkan keterangan anak atau orang tua, tentu jelas dan benar penulisan abzad nama dan angka. Tetapi kalau membuatkan orang lain, dipastikan data penulisan ada yang kurang," tutur Saukani seraya menambahkan bahwa pihaknya akan mendahulukan si pembuat identitas sendiri daripada titipan.

Lebih lagi, tambah Saukani, pihaknya membuka pelayanan tambahan khusus Kecamatan Rambutan dan warga Banyuasin yang bekerja di Palembang, bisa datang ke Maal OPI. Pelayanan dibuka mulai dari pukul 09.00 sampai Mall tutup.  "Berbagai upaya inilah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin meningkatkan pelayanan untuk masyarakat khusus pelayanan keterangan identitas diri," tandasnya yang juga membuka pelayanan, Sabtu dan Minggu di kantor Capil.

Sementara itu, Pratama warga Desa Rejodadi Kecamatan Sembawa yang datang ke Capil hanya ingin mengurusi NIk KK dan KTP milik keluarganya berbeda. "Kalau saya mau mempertanyakan NIK yang angkanya berbeda dengan KK dan KTP," kata Pratama seraya mengambil blangko perubahan NIK KK dan KTP. (ydp)