Bonus tak Kunjung Cair, Ribuan Karyawan Lonsum Ancam Mogok Kerja Massal

Bonus tak Kunjung Cair, Ribuan Karyawan Lonsum Ancam Mogok Kerja Massal
IST - Para pekerja yang mengadukan nasib mereka.

PALEMBANG, MS.Com - Sebanyak 3.000-an karyawan serta 100-an staf PT London Sumatera (Lonsum) se-Sumsel sementara harus gigit jari. Dikarenakan hingga saat ini mereka belum menerima pembayaran bonus tahunan atau Bonus Akhir Tahun (BAT) yang biasanya telah mereka terima paling lambat di akhir Mei bulan kemarin tak kunjung mendapat kejelasan dari pihak manajemen PT. Lonsum.

Dampaknya mereka kini mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama mereka yang mempunyai anak yang masih sekolah dan hendak membeli beragam kebutuhan sekolah. Sehubungan dengan hal ini sebanyak 26 orang perwakilan Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SPSI) PT Lonsum se-Sumsel pada, Senin (24/6) mendatangi kantor PT Lonsum perwakilan Palembang di Jl Veteran. 

"Kedatangan kami untuk mempertanyakan surat yang telah dikirim kepada manajemen PT Lonsum perihal belum dibayarkannya bonus karyawan dan staf tahun 2018," ucap Ketua Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (PD FSPPP) Provinsi Sumsel, H Barlian Yasin,SH selaku pihak yang mendampingi PUK SPSI Lonsum se-Sumsel, Rabu (26/6). 

Barlian mengatakan bahwa sebelum memilih untuk mendatangi kantor Lonsum di Palembang, Seluruh serikat PUK terlebih dahulu berkirim surat melalui email langsung ditujukan ke manajemen PT Lonsum Indonesia  yang berada di Jakarta. Akan tetapi jawaban yang didapat dari managemen pusat tidak memuaskan yang beralasan bahwa pihak PT.Lonsum masih menunggu persetujuan dari pemilik dikarenakan kondisi keuangan memprihatinkan dan diminta seluruh karyawan untuk tetap menunggu sampai batas waktu yang tidak pasti. 
"Ya pemberitahuan tersebut berlaku untuk seluruh karyawan dan staf PT Lonsum di seluruh Indonesia. Dengan alasan klasik akibat keuangan perusahaan yang kondisinya memprihatinkan," cetusnya.

Adapun sebanyak 6 perwakilan karyawan PT Lonsum perwakilan daerah se-Sumsel yang berasal dari Kota Palembang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muratara, Lahat dan OKI mengultimatum pihak PT. Lonsum bahwa jika nantinya sampai hari Jumat ini tanggal 28 Juni 2019 tidak ada kepastian dan tuntutan mereka tak terpenuhi mereka bakal kembali ke kebun dan pabrik masing-masing untuk melakukan mogok kerja massal. "Karyawan mengancam akan mengambil langkah-langkah progresif termasuk tidak menutup kemungkinan akan mogok kerja," cetus Burlian. 

Sementara itu, pihak PT Lonsum Indonesia melalui Manager Human Resource Departement (HRD), Ahmad Fauzi meminta karyawan agar bersabar sembari menunggu keputusan pemilik PT Lonsum. "Untuk diketahui kondisi ini dialami oleh seluruh karyawan dan staf termasuk kami sendiri yang sampai saat ini masih menunggu realisasi dari pemilik. Kami mengimbau kawan-kawan di daerah agar menjaga situasi yang kondusif kita akan berupaya terus mempertanyakan hal ini kepada pemilik," sebut Faisal dikonfirmasi via sambungan ponsel.(Fdl)