BKPSDM Gelar Rakor Kepegawaian

BKPSDM Gelar Rakor Kepegawaian
Foto: Badan Kepegawaian dan Pengembagangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musi Rawas (Mura), melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bidang kepegawaian tahun 2019.

MURA, MEDIASRIWIJAYA – Upaya mewujudkan World Class Aparatur Sipil Negera (ASN) serta untuk persamaan persepsi terhadap ASN yang membidangi kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Pengembagangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musi Rawas (Mura), melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bidang kepegawaian tahun 2019.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Mura, Hj Suwarti dan dihadiri Kepala BKPSDM Mura, H Rudi Irawan Ishak, dengan melibatkan Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional VII Palembang sebagai narasumber bersama dengan seluruh jajaran OPD dan camat dan pejabat dilingkungan Pemkab Mura, melansir linggauklik, pekan lalu.

Kepala BKPSDM Mura, H Rudi Irawan Ishak melalui Sekretaris, Hendri dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Kegiatan ini dilaksanakan lanjut ia, untuk memberikan informasi dan mensosialisasikan aturan-aturan mengenai kepegawaian kepada ASN dilingkungan Pemkab Mura, serta untuk merumuskan kebijakan Human Capital Management untuk mewujudkan World Class ASN dan untuk persamaan persepsi terhadap PNS yang membidangi kepegawaian.

“Sehingga diharapkan setelah mengikuti rakor Bidang Kepegawaian ini peserta dapat memahami dan mampu mensosialisasikan kepada ASN dilingkungan unit kerja masing-masing,” kata Hendri dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti mengatakan , sehubungan dengan pelaksanaan rakor ini, maka atas nama Pemkab Mura memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan rakor ini dalam rangka melaksanakan pembinaan Sumber Daya Manusia Aparatur di seluruh jajaran Pemkab Mura, agar Pegawai dapat lebih berkinerja dan hasilnya terukur.

Menurut Wabup, pelaksanaan rakor ini merupakan proses yang sangat penting dan strategis dalam rangka mengsinkronisasikan dan mensinergikan seluruh program Pemerintah di lingkungan Pemkab Mura, dengan tujuan untuk memberikan Informasi kepada ASN dan merumuskan kebijakan Human Capital Management untuk mewujudkan World Class ASN. “Kemudian juga untuk persamaan persepsi terhadap ASN yang membidangi kepegawaian. Sehingga diharapkan setelah mengikuti Rakor Bidang Kepegawaian ini peserta dapat memahami dan mampu mensosialisasikan kepada ASN lainnya dilingkungan unit kerja masing-masing,” kata Wabup.

Dikatakannya, tidak dapat dipungkiri bahwa Pemkab Mura masih memiliki beberapa permasalahan di bidang kepegawaian yang perlu dilecahkan bersama, mulai dari tahap perencanaan pegawai, pengembangan pegawai, pembinaan karier pegawai dan peningkatan disiplin, serta permasalahan peningkatan kesejahteraannya. “Maka perumusan kebutuhan dan penempatan pegawai dalam jabatan di setiap unit kerja harus didasarkan pada peta jabatan, beban kerja, tugas dan fungsinya. Hal ini untuk mendukung penyelenggaraan Pemerintahan, guna melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tertib administrasi dalam pelaksanaan tugas-tugas bidang kepegawaian,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, bahwa keberadaan ASN itu diatur oleh beragam aturan yang menyangkut disiplin kepegawaian, disiplin administrasi dan juga disiplin anggaran. Untuk itu, Wabup berharap kepada para pegawai untuk patuh dan taat pada peraturan yang ada. Terlebih, sekarang ini pengawal.(net)