Belum Setahun Proyek Tribun Mini Budi Asih di Banyuasin Rusak

Belum Setahun Proyek Tribun Mini Budi Asih di Banyuasin Rusak
MS/DARMA ---  Pemuda Banyuasin Umirtono SH menunjuk atap tribun misi yang rusak.

BANYUASIN, MS -- Belum setahun dibangun, konstruksi Tribun Mini Desa Budi Asih Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, sudah rusak, Rabu (10/7).

Proyek tribun mini yang dikerjakan tahun 2018 lalu, dengan menggunakan anggaran APBD, kondisi sangat memprihatinkan. Atap tribun mini sudah beterbangan kemana-mana. Tampak rangka atap seng yang masih membentang di sana. Konstruksi tangga duduk untuk penonton juga ada yang retak.

Kadispora dan Pariwisata Merki Bakri SPd MSi mengatakan, bahwa dirinya belum mendapatkan laporan dari pihak desa terkait kerusakan tribun mini di Desa Budi Asih Kecamatan Pulau Rimau.

 "Pembangunan ini dikerjakan oleh pihak Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) dan sejauh ini belum ada proses serah terima. Namun pihaknya akan mengecek ke lokasi melihat kondisi terakhir Tribun Mini," kata Merki yang berterimakasih atas informasinya.

Karena, Merki tak yakin bangunan belum setahun sudah rusak. "Kemungkinan ada biaya pemeliharaan nanti akan kita panggil pihak pemerintah desa terkait aset desa yang dibangunkan oleh pemerintah untuk desa yang seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik," tegas Merki yang akan membangkitkan olahraga dimulai dari desa.

Umirtono SH Pemuda Banyuasin menyayangkan, kerusakan tribun mini tersebut. Kerusakan ini bukan tak beralasan, bisa disebabkan kurang baiknya konstruksi bangunan atap yang dikerjakan asal jadi. Sehingga, atap seng dengan mudah lepas ditiup angin."Bangunan ini, menghabiskan dana sebesar Rp 190 juta yang dikerjaan asal jadi dan warga desa yang dirugikan," tegas Umirton kepada wartawan yang berharap pihak pengawas maupun badan pemeriksa keuangan (BPK) yang tinggal diam. 

Karena uang yang dibangunkan asli rakyat. "Jangan mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi," kata Umirtono yang mengaku gerah melihat pembangunan asalan-asalan.

Sementara Kadis Perkimtan, Ir Zulkipli Idrus MTp melalui Kabid Kawasan Permukiman Penataan Kawasan Kumuh Jhon Hendry ST MSi mengakui, adanya proyek Tribun mini di Desa Budi Asih. "Kalau untuk pemeliharaan memang tidak ada, dan diusulkan di tahun anggaran 2020 mendatang," kata Jhon kepada wartawan. (ydp)