Bawaslu Pagaralam Ingatkan ASN Netral

Bawaslu Pagaralam Ingatkan ASN Netral
Ilustrasi ; ASN

PAGARALAM, MS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pagaralam mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) netral di Pemilu 2019. Dengan tidak berpose atau menyebarkan dukungan pada kandidat tertentu peserta pilpres, pileg dan DPD melalui media apapun.

“Larangan tegas bagi ASN, dalam mendukung kandidat pemilu telah diatur undang-undang dan sudah banyak yang melanggar kemudian diadili,"  Ketua Bawaslu Kota Pagaralam Emi Deshartika, Selasa malam (2/4).

Menurut dia, aturan terhadap ASN tersebut tentu sebagai langkah untuk menunjukan profesionalisme abdi negara.

Karena, bagaimana pun ASN adalah pelayan masyarakat yang tidak boleh membeda-bedakan dalam melayani rakyat, tambahnya.

Ia mengatakan, selama masa kampanye ini, pemantauan ketat juga dilakukan untuk penyebar hoax dan fitna.

"Jika ditemukan, pelaku penyebar hoax atau berita bohong, tentunya sesuai ketentuan mereka akan langsung berurusan dengan aparat menegak hukum," katanya.

Sementara sampai kini, menurut salah seorang warga di kota yang berhawa sejuk tersebut, bukan hanya ASN yang tampak jelas menunjukan dukungan kepada peserta pemilu.

Namun, oknum anggota panwaslu juga terlihat aktif menyebarkan dukungan kepada salah satu kandidat presiden melalui pesan-pesan di "whatsapp" dan media sosial.

Dia menambahkan, kondisi ini, tentunya menjadi polemik ditingkat masyarakat karena semestinya mereka yang memiliki posisi sebagai pengawas pemilu adalah orang yang paling wajib netral.

Dengan demikian, berbagai masalah atau konflik masyarakat karena berbeda dukungan dapat diselesaikan, tambahnya.(ert)