ABK Punya Hak Ikut Ujian

ABK Punya Hak Ikut Ujian
Pendidikan memang tak mengenal siapa pun. Setiap anak wajib mengenyam pendidikan, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Palembang.(Foto Ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Pendidikan memang tak mengenal siapa pun. Setiap anak wajib mengenyam pendidikan, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Palembang.

Termasuk di Palembang yang berpusat di SD Negeri 30 Palembang yang beralamat di Jalan Sungai Tawar, 29 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang sebagai filial yakni sekolah rujukan bagi anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk belajar dengan para guru yang memang memiliki kapasitasnya. 

Di sekolah ini ABK diberikan kesempatan untuk mengikuti Ujian Semester yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Hal tersebut diungkap oleh kepala SDn 30 palembang Nuraini, S.Pd.MM melalui wakil kepala sekolah Rohana.

“Di sekolah ini ABK diperlakukan sama dengan anak normal lainnya, mereka setiap akhir semester diikutikan untuk melaksanakan Ujian sama halnya dengan anak normal lainnya,”ujar Rohana.

Rohana menambahkan, anak berkebutuhan khusus juga memiliki hak yang sama untuk bisa hidup mandiri, meraih cita-cita dan kebahagiaan, seperti anak-anak lainnya,” imbuhnya.

"Sejauh ini 125 ABK yang terdiri dari kelas 1 sampai 6 akan bergabung dengan anak lainnya akan mengikuti Ujian Semester. Mereka bersama dengan anak umum lainnya  telah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian yang bakal digelar sekitar bulan Desember. Anak ABK ini akan bergabung dengan anak umum, jadi total seluruh yang akan ikut semester nati berjumlah 695 siswa,"katanya.

Meski mereka diberikan kesempatan yang sama mengikuti ujian lanjut Rohana, namun pihak sekolah pun memberikan keringanan kepada ABK ini mengingat keterbatasan mereka. "Durasi khusus ABK tak dibatasi, begitu juga tempat mengerjakaan boleh dimana saja sesuai mut siswa, boleh kalau nyaman di kelas, di masjid, di bawah pohon silahkan, meski begitu ABK ini saat Ujian didampingi guru. Walaupun mereka ABK hasil ujian mereka tak kalah dengan anak normal lainnya, buktinya sejak tahun 2013 sampai sekarang banyak ABK di sekolah ini diterima SMP unggulan bahkan dari mereka juga ada yang diterima di SMA bergengsi yang ada di Palembang,” ujarnya (san)