992 Siswa Bersaing dalam PPDB SMA 17 Palembang

992 Siswa Bersaing dalam PPDB SMA 17 Palembang
SMA Negeri 17 Palembang menggelar tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Senin (21/1). Siswa yang mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) berjumlah 992 siswa (MEDIASRIWIJAYA.COM/Yanti)

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA.com - SMA Negeri 17 Palembang menggelar tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Senin (21/1). Siswa yang mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) berjumlah 992 siswa.

Ketua PPDB SMAN 17 H Efrin Sofyan mengatakan, yang mendaftar online dalam PPDB berjumlah 1.136 siswa. Namun yang lolos dalam verifikasi dan mengikuti tes berjumlah 992 siswa.

"Untuk ujian TPA hari pertama ini dibagi 4 sesi yakni sesi pertama Jam 07.00 -09.00 WIB, sesi kedua 9.30-11.30 WIB, sesi ketiga Ketiga 13.00-15.00 WIB dan sesi keempat 15.30-17.30 WIB. Untuk hari kedua besok TPA dilaksanakan 3 sesi. Kita menggunakan 5 laboratorium yang dipakai TPA, " ujarnya.

Efrin menjelaskan, penentuan kelulusan adalah nilai rapor dan tes. Nilai rapor 40 persen rata - rata 4 mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA untuk jurusan IPA dan IPS untuk yang memilih jurusan IPS. Sedangkan 60 persen diambil dari Tes Potensi Akademik (TPA).

"Total daya tampung SMAN 17 tahun ini 360 siswa, rinciannya adalah 18 untuk kuota PMPA, 342 untuk kuota jalur TPA. Hasil kelulusan akan diumunkan besok tanggal 22 Januari selesai tes sesi ketiga. Nilai diranking dengan sistem penggabungan nilai rapor 40 persen, dan TPA 60 persen. Hasilnya akan diumumkan di papan pengumuman di sini dan secara online melalui website SMAN 17 Palembang," bebernya.

Dia menuturkan, siswa yang mengikuti TPA PPDB ini berasal dari berbagai daerah di antaranya Bangka, Bandung, Jambi, Batam dan Semarang. Karena SMAN 17 ini penyelenggaraan PPDB lintas rayon.

Setelah pengumuman kelulusan, lanjut Efrin, akan ada tes wawancara untuk pemilihan siswa di kurikulum cambrige.

"Ada tes tersendiri untuk kurikulum cambrige, kuotanya 50 siswa. Tes wawancara untuk menggali komunikasi Bahasa Inggris, dan persetujuan orang tua," bebernya.

Efrim menjelaskan, untuk daftar ulang dilakukan setelah pengumuman kelulusan UN SMP. Setelah daftar ulang, ada kegiatan latihan kedisiplinan, home stay, pengenalan lingkungan dan pengukuhan.

"Harapan kami dengan siswa baru ini sangat tinggi. Yang kita rekrut ini adalah siswa yang berkualitas dari nilai dan karakter. Pelaksanaan tes PPDB ini sangat terbuka, tidak ada titipan," ujarnya. (Yanti)