768 Pelamar CPNS tak Lulus Administrasi

768 Pelamar CPNS tak Lulus Administrasi
Harson Sunardi, Kepala Dinas BKPSDM Muaraenim.(foto ist)

MUARAENIM, MEDIASRIWIJAYA -Hasil verifikasi administrasi pelamar CPNS Muaraenim Tahun 2019, sebanyal 768 tidak lulus administrasi dari total 10.135 pelamar.

Kepala BKPSDM Muaraenim Harson Sunardi didampingi Kabid Pengadaan Yulius, mengatakan  jumlah formasi CPNS Muaraenim Tahun 2019 sebanyak 263 formasi yang terdiri dari 258 formasi umum dan lima formasi khusus (penyandang disabilitas).

Dari hasil verifikasi sekeksi administrasi, lanjut Harson, jumlah pelamar lulus (memenuhi syarat) 9.417 orang dengan rincian formasi umum 9.415 orang, formasi umum (disabilitas non tuna netra) kosong tidak ada yang memenuhi syarat dan formasi khusus (penyandang disabilitas) dua orang. Sedangkan  jumlah pelamar tidak lulus (tidak memenuhi syarat) 768 orang terdiri dari formasi umum 721 orang, formasi umum (disabilitas non tuna netra) 47 orang dan formasi khusus (penyandang disabilitas) kosong, kata dia melansir lenterapendidikan, kemarin.

Yulius menambahkan, sejumlah penyebab tidak lulus administrasi antara lain karena IPK kurang dari 2,75 dan diduga dipalsukan atau size pdfnya kekecilan sehingga seperti dikaburkan dan lain-lain sehingga petugas kesulitan membacanya,  surat pernyataan tidak ditujukan ke Bupati Muaraenim seperti ke Kapolri, Dikbud dan lain-lain, tidak sesuai format, dan sebagainya. Sedangkan pelamar yang paling banyak adalah guru, baru disusul tenaga tekhnis dan tenaga kesehatan. Untuk formasi dokter spesialis tidak ada peminatnya sehingga kosong.

"Kita yang kosong cukup banyak formasi kesehatan dokter spesialis dan formasi umum (disabilitas non tuna netra), kalau rugi kita rugi sebab tenaga mereka sangat dibutuhkan," ujarnya.(net)