57 Tim Bidar Mini Bersaing, Srigala Lanjut Juara I

57 Tim Bidar Mini Bersaing, Srigala Lanjut Juara I
Ketua DPRD Palembang bersama para pemenang lomba bidar mini

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Di bawah guyuran hujan rintik kawasan perlombaan bidar mini di kawasan anak sungai kelurahan keramasan tidak membuat kendor peserta lomba bidar mini.

Begitu juga animo masyarakat kota Palembang cukup tinggi untuk menonton Final Lomba Bidar mini yang digelar Dinas Pariwisata Kota Palembang, Minggu (15/3/2020). Dihadiri ketua DPRD Palembang Zainal Abidin, Perwakilan Polda Sumsel, Dirut Bank Sumsel Babel, Dirut CNG Hernoe, Perwakilan PT KAI, Gudang Garam dan lainya

Bersaing ketat dengan 57 tim perahu bidar kategori umum anak anak 12 tim dan kategori wanita 24 tim,untik kategory umum akhirnya tim perahu bidar Srigala Langit daoat menuntaskan pertarungan air dengan mengalahkan tim perahu bidar  usaha abadi dari Pemulutan Ogan Ilir, dan tim dari 15 ulu dengan lebih dahulu menyentuh garis finis.

Usai menambatkan perahu bidarnya ketiga tim langsung menaiki podium kemenangan untuk menerima hadiah dan tropy dari panitia.

Juara 1 Srigala Langit mendapatkan uang pembinaan Rp 5 juta serta hadiah dari sponsor seperti Tokopedia, CNG, Bank Sumselbabel, Gudang Garam. Juara 2 Usaha Abadi, mendapatkan tropy dan uang pembinaan Rp 4 juta serta dari sponsor untuk juara ke tiga Tim bidar 25 ulu mendapatkan uang tropy serta hadiah dari sponsor Rp 3 juta.

Sedangkan untuk juara kategori wanita tim bidar mini  Juara ke satu Singo edan, Kedua putri kelantan posisi ketiga tanjung ringit ogan ilir.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini, mengatakan, perlombaan bidar mini tahun ini cukup meriah meski dengan anggaran minim. "Alhamdulilah perlombaan bidar mini ini berjalan sesuai rencana meski dengan anggaran Rp 74 juta namun kita dibantu pihal sponsor,"kata Isnaini

Tingginya antusias warga yang ingin menyaksikan keterampilan dan kekompakan mendayung perahu kecil ini, disebut juga pendayung dari Sungai Keramasan ini sempat mengharumkan nama Palembang ditingkat nasional hingga mancanegara pada lomba dayung pada tahun 1980.

“Dari even ini banyak sekali pelajaran yang bisa diambil mulai dari kekompakan, hingga menguasai keahalian khusus mendayung cepat secara serentak diatas bidar kecil,” ungkapnya

Di tempat yang sama Ketua DPRD Palembang Zainal Abidin, mengatakan, perlombaan bidar mini dikawasan kermasan sudah menjadi tradisi warga.

"Selain menjadi ajang Silahturahmi lomba bidar mini kawasan keramasan untuk memperkenalkan sungai yamg ada di kota Palembang,"jelasnya

Dirinya tidak lupa mengajak masyarakat keramasan senantiasa menjaga anak sungai selalu bersih jauh dari kesan kotor, tidak lain untuk menjaga keberlangsungan tradisi lomba bidar mini. "Kita harus mendukung program Gotong royong Walikota Palebang dalam menjaga kebersihan anak sungai, ika anak sungai ini terpelihara baik maka lomba bidar mini pun akan terus berlangsung, sehingga memberikan efek yang baik dalam menarik wisatwan lokak maupun international," ujarnya. (rin)