5 Manfaat Tidur Siang pada Bayi

5 Manfaat Tidur Siang pada Bayi
(Foto Ist)

Saat tengah terjaga, otak bayi disibukkan dengan kegiatan mempelajari hal-hal baru dan memahami fakta-fakta baru di sekelilingnya. Hal ini membuat waktu istirahat menjadi sangat penting bagi bayi, untuk membuatnya tetap relaks dan kembali berenergi.

Tak hanya tidur malam, tidur siang juga sangat diperlukan oleh bayi. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa tidur siang pada bayi memiliki dampak dan manfaat yang besar untuk kesehatan dan kognitifnya.

Sebuah penelitian dari Prosiding National Academy of Sciences, menunjukkan bahwa bayi dapat belajar hal-hal baru secara lebih efisien setelah mendapatkan tidur siang yang nyenyak.

Waktu tidur siang dapat bervariasi sesuai dengan usia bayi. Pada usia awal, otak bayi dan sistem saraf pusat menetap dengan pola tidur yang sama, sehingga akan mudah membuat bayi tidur siang dalam waktu yang lama.

Tetapi, ketika otak mulai terbiasa dengan pola tidur yang berjalan, ia akan menuntut upaya untuk membuat bayi tidur di luar waktu tidur yang biasa. Meski begitu, ini merupakan hal yang normal dan cenderung menunjukkan bahwa otak bayi Anda telah berfungsi dengan baik.

Bayi yang memiliki waktu tidur siang yang teratur, akan memiliki perkembangan otak yang lebih efisien daripada bayi yang hanya tidur di malam hari. Untuk lebih jelas mengenai apa saja manfaat tidur siang pada kesehatan dan kecerdasan otak bayi, berikut ulasannya untuk Anda.

Ingatan

Ada banyak penelitian yang berfokus pada pentingnya tidur siang pada bayi, dan semua hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tidur siang dengan nyenyak memiliki kapasitas lebih besar untuk menghafal hal-hal yang mereka temui. Ini mencakup memori saat ini dan memori jangka panjang.

Daya menggenggam

Bayi berupaya mempelajari banyak hal dan sensasi baru di sekitarnya seperti sentuhan, suara, penglihatan, bau, dan rasa. Memberikan waktu yang cukup untuk tidur siang adalah hal terbaik yang akan membantu buah hati Anda untuk memahami hal-hal baru dengan lebih baik. Selain itu, bayi yang cukup tidur akan mengingat keterampilan yang mereka pelajari untuk jangka waktu yang lebih lama.

Imajinasi

Manfaat tidur siang tidak terbatas pada memori, namun juga meluas ke banyak daerah fungsional lain di otak. Anak-anak yang mendapatkan cukup waktu tidur dianggap lebih kreatif dan mereka akan memiliki kekuatan imajinatif yang luar biasa. Otak mereka akan memproses apa yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan imajinasi mereka.

Koordinasi

Koordinasi yang lebih baik adalah salah satu manfaat terpenting dari cukup tidur siang. Mereka akan memiliki kapasitas yang lebih baik untuk mengoordinasikan dan menghubungkan berbagai hal yang mereka tambahkan ke dalam ingatan mereka. Ini jelas menunjukkan bahwa tidur siang sangat penting untuk meningkatkan proses pembelajaran anak dan penggunaannya.

Menghubungkan berbagai informasi

Ada area khusus di otak kita yang membantu membentuk hubungan antara informasi yang telah dikumpulkan. Ditemukan bahwa bayi yang mendapat waktu tidur siang yang cukup memiliki kemampuan lebih untuk menghubungkan informasi yang telah mereka pelajari pada waktu yang berbeda  dan dari situasi yang berbeda pula(www.1health.id)