33 Petahana Kalah di Pilkades Lahat

33 Petahana Kalah di Pilkades Lahat
Suasana pemilihan Pilkades yang dilakukan di 79 desa Kabupaten Lahat.(foto ist)

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA - Pemilihan kepala desa yang digelar serentak Kamis (31/10) lalu, menuai banyak cerita. Dari 257 calon Kepala Desa (Kades) tersebar 79 desa, 22 kecamatan di Kabupaten Lahat. 54 calon kades diantaranya, berstatus masih menjabat atau petahana. Namun hanya 21 orang yang masih berdiri. melanjutkan program kerjanya membangun desa.

“Ya hasil seluruhnya sudah masuk, untuk petahana 33 orang dinyatakan tumbang,” ujar Kabid Tata Wilayah dan ADM Pemdes, Imam Santosa, melansir detiksumsel, pekan lalu.

Imam menambahkan, data pemenang Pilkades periode 2019-2025, sudah diumumkan di Kantor DPMDes Lahat. 79 kades terpilih tinggal menunggu pelantikan, dijadwalkan awal Desember 2019 mendatang.

“Kemungkinan awal Desember nanti dilantiknya, di Pendopoan Rumdin Bupati Lahat,” beber Imam.

Terpisah, Yuken, salah satu Cakades petahana yang tumbang asal Desa Manggul, Kecamatan Kota Lahat menuturkan, meskipun tidak lama menjabat, Yuken berterima kasih kepada penduduk Desa Manggul yang telah memberikan kepercayaan memimpin desa.

“Tentunya kepada kades terpilih, untuk membawa Manggul lebih maju. Desa Manggul ini desa besar yang memiliki potensi untuk kemajuan Kota Lahat. Sayang jika tidak dikelola dengan baik,” ujarnya.(net)