233 Siswa Berebut Juara Di Kompetisi FLS2N 

233 Siswa Berebut Juara Di Kompetisi FLS2N 

PALEMBANG, MS- Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Sumsel  Resmi di buka oleh kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Widodo, M.Pd. Pembukaan ini bersamaan dengan pembukaan O2SN dan Debat bahasa yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang, Kamis (1/8/). 

Sebanyak 238 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai delegasi kabupaten/kota berebut juara pada ajang kompetisi tersebut.
Sedangkan  untuk pelaksanaan lomba FLS2N dimulai kamis 1 sampai 3 Agustus 2019, di SMA Negeri 10 palembang, Sebanyak 238 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai delegasi kabupaten/kota berebut juara pada tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widoso MPd mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan kegiatan untuk menyeleksi kegiatan ekstrakurikuller SMA dibidang seni dan olahraga yang nantinya untuk memilih wakil Sumsel ditingkat nasional.

"Dan para pemenang akan ikut kompetisi nasional di Aceh, Lampung dan Kalimantan Selatan. Dan ini juga sekaligus mengevaluasi sekolah dibidang seni dan olahraga, kalau juara di level nasional maka ini jadi prestasi yang naik,"ujarnya.

Kepala SMAN 10 Palembang Fir Azwar mengatakan bahwa FLS2N ini dibagi menjadi dua yakni seni pertunjukan dan seni pencipta dengan total sembilan tangkai lomba.

"Vokal solo, gitar solo, tari kreasi, baca puisi dan teater monplog untuk kategori seni pertunjukan dan desainer poster, kriya, cipta puisi, film pendek untuk seni penciptaan,"urainya.

Dia menambahkan di SMA Negeri 10 sendiri ada siswa yang mewakili Palembang untuk kategori penciptaan puisi atas nama Nayla. Dia berharap Nayla yang pada FSL2N 2018 di Lubuklinggau berhasil meraih runner up tahun ini bisa juara satu tingkat provinsi dan mewakili nasional di Lampung November 2019 mendatang.

"Dan saya sampaikan kepada juri, jangan ada pesan-pesanan juara karena selalu saya sampaikan orang yang hebat adalah orang yang berani mengalahkan diri sendiri,"terangnya.

Sementara itu, Duo siswa perwakilan dari SMAN 1 Buay Sandang Aji ini berhasil memukau juri di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang berlangsung di halaman belakang SMA Negeri 10 Palembang.

Wahyu dan Rio menampilkan tari kreasi tradisional yang diberi nama Tari Ngelemang jadi filosofi dari tarian ini adalah warga OKU Selatan yang sedang memasak ketan yang dimasukan ke dalam bambu kemudian dibakar.
 
Dia juga mengatakan tema tari kreasi tradisonal di FLS2N tingkat provinsi Sumsel ini "Menari untuk Kebersamaan". "Jadi kan ngelemang ini sebenarnya dilakukan berama-ramai ciri khas masyarakat OKU Selatan ya," katanya. (ken)