100 Pemuda Ikuti Seleksi JPD Palembang

100 Pemuda Ikuti Seleksi JPD Palembang
foto:mediasriwijaya.com/yanti

PALEMBANG, MS -Sebanyak 100 pemuda mengikuti seleksi Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kota Palembang. Pemuda - pemudi Palembang yang terpilih akan mewakili Jambore Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadin Pora) Kota Palembang, Ahmad Zazuli, usai membuka seleksi Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kota Palembang, dengan tema Palembang Kota Layak Pemuda menuju Palembang emas Darussalam 2023, di Hotel Princess Palembang, Senin (25/3)."Meski poin seleksinya ada pada kearifan lokal yakni seni dan budaya, saya harap juri seleksi ada penambahan materi tentang wawasan," ungkapnya, Senin (25/3).

Zazuli menjelaskan, dari 100 peserta yang ikut seleksi akan di ambil 10 pasang peserta Jambore yang akan mewakili Palembang untuk mengikuti Jambore Tingkat Provinsi Sumsel, pada bulan Juni nanti di Kota Pagaralam dan dirinya berharap akan tampil kembali menjadi juara umum seperti tahun lalu. "Dari 100 peserta yang mengikuti proses  seleksi ini umum berasal dari organisasi kepemudaan seperti mereka yang berasal dari sanggar seni, lembaga kepemimpinan siswa, purna Paskibraka, yang berusia 16 sampai 30 tahun," bebernya. 

Dia menuturkan, Jambore sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan hingga tingkat Nasional, yang melalui proses tahapan dari tingkat kecamatan, kota dan kabupaten, provinsi hingga ke nasional," ujarnya.

Menurutnya,  kota Palembang tidak melakukan proses seleksi di kecamatan namun langsung melalui proses ke tingkat kota. Pasalnya kalau mengadakan jambore tingkat kecamatan di kota Palembang, yang pertama situasinya sudah tidak memungkinkan lagi."Apalagi, lanjut dia, Jambore itu harus di alam terbuka, sedangkan di 18 Kecamatan rata-rata tidak memiliki lahan terbuka. Keterbatasan tempat itulah maka kita adakan langsung proses seleksi," ujarnya. (Yanti)